Bank Swadesi Resmi Berganti Bank of India

NERACA

Jakarta—Dalam laporan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI, PT Bank Swadesi Tbk (BSWD) mengumumkan pergantian nama menjadi PT Bank of India Indonesia per 1 Desember 2011. Perubahan nama tersebut sesuai persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diadakan pada 14 Juni 2011.

Adapun pergantian nama tersebut telah memperoleh persetujuan dari Bank Indonesia (BI) sesuai dengan salinan Keputusan Gubernur Bank Indonesia No13/91A/KEP.GBI/2011. BI menyatakan jika persetujuan pergantian nama tersebut telah sesuai dengan peraturan nama Bank dan telah memperhatikan peraturan BI No.11/1/PBI/2009 27 Januari 2009 tentang Bank Umum.

Sesuai dengan peraturan BI, maka perusahaan diwajibkan untuk mengumumkan pelaksanaan perubahan nama Bank yang baru, paling lambat 10 hari kerja setelah berlakunya keputusan dari gubernur BI tersebut.

Sebelumnya, untuk memperkuat posisinya dipeta perbankan nasional, Bank Swadesi memandang perlu untuk menjalin aliansi strategis dengan mengundang investor yang kuat. Upaya tersebut direalisasikan dengan penandatanganan Akta Akuisisi antara pemegang saham mayoritas Bank Swadesi dengan Bank Of India terkait dengan pengambilalihan saham sebanyak 235,6 juta lembar saham atau yang mewakili 76 persen dari keseluruhan saham Bank Swadesi pada 22 Juni 2007.

Dengan demikian secara resmi Bank of India telah menjadi pemegang saham mayoritas dan mengambil alih pengendalian Bank Swadesi.

Sebelumnya, PT Bank Swadesi Tbk (BSWD) mencatatkan peningkatan laba akhir periode pada kuartal I-2009 mencapai 36,57 persen menjadi Rp88,051 miliar, bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp64,469 miliar. Sedangkan, pada pos laba tahun berjalan perseroan, berhasil mengalami peningkatan capai 123,86 persen menjadi Rp7,88 miliar, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp3,52 miliar. **cahyo

Related posts