Menggagas Teknologi Cloud Computing - METRODATA :

NERACA. Dunia teknologi terus mengalami perkembangannya untuk mencapai kemajuan yang optimal. Kebutuhan akan teknologi yang saat ini semakin menyebar luas keseluruh aspek kehidupan, terutama dalam dunia bisnis yang kini telah ketergantungan terhadap teknologi.

Kebutuhan teknologi bagi dunia bisnis merupakan suatu hal yang mendasar dalam tingkatan laju pertumbuhan ekonomi pada perusahaan yang bersangkutan, bahkan pada individu yang memerlukan produk IT tersendiri pun, kini dapat menikmatinya.

Dunia cyber kini telah mengalami laju perkembangan dan kemajuan yang sangat cepat. Hal itu dapat kita lihat melalui berbagai peluncuran produk-produk terbaru dari teknologi dengan berbagai macam brand yang ada. Produk-produk tersebut di hadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna teknologi.

Bila dahulu kita mengenal mesin dan komputer dengan bentuk yang masih sederhana dan ukuran yang besar dan berat, kini komputer sangat berbeda dengan pembuatan awalnya. Bahkan komputer dahulu hanya dipergunakan oleh pemerintah dari negara-negara maju saja, seiring arus informasi dan teknologi, maka perusahaan-perusahaan IT mengembangkan produk mereka keberbagai instansi, bukan hanya pemerintah, tetapi perusahaan-perusahaan swasta pun ditawarkan.

Kemajuan tersebut, ternyata bukan hanya dari segi pisik komputernya sebagai perangkat keras, akan tetapi termasuk pada perangkat lunak/software. Bila dahulu komputer ukuran beratnya bisa berkilo-kilogram, dan tidak bisa leluasa dibawa dan dipergunakan diberbagai tempat, kini komputer sangat fleksibel, baik dari segi ukuran, berat dan yang lebih hebatnya adalah dari segi program/software yang mampu memenuhi kebutuhan dari sebagian mimpi-mimpi masyarakat.

Software saat ini, benar-benar menjadi kebutuhan pokok bagi perusahaan-perusahaan baik skala besar maupun kecil, termasuk instansi pemerintah dan NGO (Non Goverment Organisation), karena penggunaan komputer telah menjadi bagian dari sistem kinerja perusahaan. Untuk itu perusahaan-perusahaan pengembang IT terus melakukan riset dan pengembangan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan para pengguna IT.

Berbagai inovasi dari bentuk fisik komputer dari yang bentuk besar sampai kecil telah menjadi bisnis yang menggiurkan bagi perusahaan-perusahaan pengembang didunia IT, tetapi kini trend yang berkembang menuju pada pelayanan dan konsultansi terhadap program/software sesuai kebutuhan suatu individu, instansi pemerintah dan perusahaan.

Salah satu Perusahaan terkemuka PT. METRODATA Electronics Tbk, baru-baru ini mempersiapkan untuk memasuki teknologi Cloud Computing. Teknologi komputasi awan merupakan pelayanan jasa yang memberikan perawatan, pengelolahan, dan penggunaan program yang dibutuhkan oleh pelanggannya. Pelayanan ini ditekankan pada jasa konsultasi berkaitan dengan sistem komputer yang menjadi pelanggannya.

”METRODATA telah mengambil langkah tepat memasuki dunia cloud computing melalui unified computing system dan produk routing, switching dari Cisco. METRODATA dapat menghadirkan solusi data center generasi berikutnya dalam mendukung efisiensi serta fleksibilitas operasional pelanggannya,” ucap Kurnijianto E Sanggono, Virtualization & cloaud computing Business Head, Cisco Indonesia.

Berbagai program aplikasi dan software di dunia teknologi telah mengalami peningkatan luar biasa dan dalam jumlah yang signifikan. Tentunya hal itu, akan menjadi permasalahan bila tidak ditangani dengan baik melalui solusi yang menempatkan aplikasi dalam satu tempat yang mampu menampung program tersebut. ”Kedepan akan menjadikan cloud computing sebagai program yang mempuni dan bersama untuk menjadi yang nomor satu. Saat ini sekitar 20 juta aolikasi di seluruh dunia dan 2% telah mengalami picturisasi,” tutur Andreas Kagawa, VMWARE.

Bahkan perusahaan sekaliber microsoft kini menyadari betapa penting trend IT saat ini, sehingga mereka mempersiapkan tenaga ahli untuk memasuki dunia cloud computing. Melihat prospek kedepan dengan berbagai aplikasi yang terus bertambah, tentunya perlu perawatan dan pengelolahan yang baik dan tepat.Untuk itu Microsoft menjalin kemitraan bersama METRODATA dan beberpa perusahaan software lainnya.

”Microsoft mempersiapkan beberpa opsi melalui spektrum teknologi terluas Hyper-V, System center sebagai solusi komputasi awan privat sampai Windows Azure, SQL Azure dan Office 365 untuk publik yang kompetitif,” jelas Amalia Fahmi, direktor, Small and Midmarket Solutions and Partner Group, Microsoft Indonesia.

Perusahaan-perusahaan yang menggunakan program cloud computing akan dapat menghemat biaya pengeluaran. Komitmen microsoft untuk teknologi cloud computing dengan mengeluarkan budget sekitar US$ 9,4 juta. Apalagi kami besar di bisnis software yang telah memiliki pengelaman yang handal, tambahnya. (shiddiq)

BERITA TERKAIT

BTN Dorong Kampus Beradaptasi Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menilai Era industri 4.0 tidak bisa dihindari lagi dalam segala sektor industri dan karenanya…

Dukung Perempuan Melek Teknologi, Bupati Tabanan Jadi Pembicara di Kartini 4.0 Indosat Ooredoo

Dukung Perempuan Melek Teknologi, Bupati Tabanan Jadi Pembicara di Kartini 4.0 Indosat Ooredoo NERACA Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari…

LG Sematkan Teknologi IoT dan Artificial Inteligence Di Produk Premium

  NERACA   Jakarta – PT LG Electronics Indonesia (LG) melengkapi seluruh perangkat elektronik rumah tangga premiumnya dengan keberadaan seri…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…