Shell Pelumas No 1 di Dunia - Kline & Company :

NERACA - Pelumas Shell dinobatkan sebagai pelumas nomor satu di dunia selama lima tahun berturutturut, demikian hasil penelitian terbaru Kline & Company (“Kline”). Hasil penelitian yang dilakukan Kline terhadap pasar pelumas global ini menginformasikan bahwa Shell menguasai lebih dari 13% pangsa pasar dilihat dari volume pada 2010, dua persen diatas pesaing terdekatnya.

Dr. Johari Jalil, General Manager Commercial Fuel and Lubricants Shell Indonesia mengatakan, “Lima tahun berturut-turut menjadi nomor satu adalah prestasi yang luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa strategi kami yang memfokuskan teknologi terdepan dan hubungan yang kuat dengan pelanggan telah memberikan hasil yang baik. Shell memiliki lebih dari 200 peneliti dan staf yang bekerja untuk pengembangan teknologi pelumas, lebih dari 300 penasehat teknis yang bertugas di garda depan dan lebih dari 1000 sales profesional, kesemuanya bertugas memberikan solusi yang kompetitif bagi pelanggan kami. Tanpa diragukan lagi, kesuksesan mereka menjadi signifikan untuk pertumbuhan yang bekelanjutan dan kepemimpinan brand kami.”

Selain mempertahankan posisi kepemimpinannya di tahun 2010 atas dasar volume secara keseluruhan, Shell juga menempati urutan teratas dalam kategori pelumas bermerek. Dr. Johari Jalil mengatakan pendekatan khas Shell dalam penjualan pelumas melalui distributor adalah pembayaran dividen. “Pada tahun 2010, volume rata-rata distributor global kami telah lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2009.”

Permintaan global untuk pelumas secara keseluruhan tumbuh sekitar 6% sejak 2009 – mengindikasikan adanya sedikit pemulihan dari resesi. Menurut Kline, kawasan Asia-Pasifik tetap menunjukkan pertumbuhan volume paling kuat pada tahun 2010, akibat dari pergeseran yang terjadi pada produksi otomotif. Shell berhasil mencatat pertumbuhan volume yang kuat di Cina dan mempertahankan posisi teratas sebagai pelumas internasional.

Kline juga menyebut Asia Pasifik sebagai kawasan utama dalam pasar pelumas dilihat dari volume (43% dari permintaan global), dengan Shell sebagai pemimpin pasar di antara multinasional lainnya di kawasan tersebut. China Japan, India and Korea Selatan merupakan pasar utama di kawasan Asia Pasifik (dalam hal permintaan/demand) diikuti oleh Indonesia, Thailand, Australia dan Pakistan.

Indonesia disebut Kline sebagai salah satu negara penting dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Kline memprediksikan pasar pelumas di Indonesia akan bertumbuh menjadi sekitar 6% selama periode 2010 – 2020.

Ke depan, Kline memproyeksikan pertumbuhan akan lambat untuk pasar global secara keseluruhan, namun Kline mengidentifikasi akan adanya peluang pada tingkat negara dan produk. Pertumbuhan terkuat diperkirakan ada di negara-negara BRIC (Brasil, Rusia, India dan Cina) serta Korea Selatan, dengan Cina sebagai "mesin pertumbuhan" industri.

Permintaan untuk pelumas di Cina diproyeksikan akan tumbuh sebesar 5% antara tahun 2010 dan 2020. Sementara itu, selama periode yang sama Kline memprediksi bahwa permintaan pelumas di India akan tumbuh antara 3% dan 5%.

Studi penelitian tahunan yang dilakukan Kline juga memperlihatkan kenaikan permintaan konsumen akan pelumas sintetis. Pelumas jenis ini dipercaya konsumen dapat membantu meningkatkan efisiensi energi dan memperpanjang usia peralatan.

BERITA TERKAIT

Dunia Usaha - Otomatisasi dalam Revolusi Industri 4.0 Tidak Bisa Dihindari

NERACA Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Revolusi Industri 4.0 merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dan harus dijalani.…

Indonesia Jadi Importir Gula Terbesar di Dunia

NERACA Jakarta – Apapun niat pemerintah untuk menjaga stabilitas harga, namun bila dilakukan dengan kebijakan impor tentu saja menuai pro…

Harga Minyak Dunia Meningkat Lebih dari Dua Persen

  NERACA Jakarta – Harga minyak naik lebih dari dua persen pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), didukung oleh…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Hadir Dalam Tiga Tipe, All New Camry Lebih Mewah dan Agresif

PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka tahun 2019 dengan menghadirkan All New Camry yang diklaim memiliki tampilan lebih mewah dan…

Pabrikan Volkswagen Cetak Rekor Penjualan di 2018

Volkswagen mencetak rekor pada 2018 dengan menjual 6,24 juta kendaraan bermerek VW, terlepas dari masalah pengiriman yang disebabkan oleh aturan…

Ford Rencanakan Teknologi Nirkabel Baru Untuk Mobil

Ford Motor Co mengatakan pada Senin (7/1) bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan teknologi nirkabel untuk model kendaraan baru di Amerika…