Avanza 2012 Sosoknya Makin Jelas, Honda Siapkan Lawannya

Sabtu, 22/10/2011

NERACA – Kehadiran Toyota Avanza 2012 semakin membuat penasaran para penggemarnya. Pasalnya di Tahun 2012 nanti Avanza akan segera memunculkan sosok barunya. Kini, kembali beredar di dunia maya tampilan foto studio Avanza anyar berkelir hitam.

Foto ini berbeda dengan foto-foto yang telah beredar sebelumnya. Paras baru mobil paling laris di Tanah Air ini terlihat lebih jelas. Sentuhan baru pada paras depan dengan grille, lampu serta bumper. Desainnya lebih modern dan atraktif dengan lampu depan mengikuti lekuk bodi. Demikian pula dengan grille model horizontal berlapis krom. Bagian buritan tampil dengan revisi lampu belakang.

Bagian interior, desain baru pada dashboard dan bagian kemudi diyakini terlihat lebih modern. Bahkan kabarnya lingkar kemudi mendapat pengatur ketinggian kemudi sesuai yang dibutuhkan pengemudi (tilt-steering). Juga telah terpasang electronic power-steering yang dapat mereduksi kebutuhan bahan bakar sehingga lebih irit.

Akan terdapat tiga varian jika melihat pada laman Tanda Pendaftaran Kendaraan Bermotor di Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. yakni; 1.3 E, 1.5 G serta Veloz.Tetap mengusung mesin VVT-i dengan dua pilihan mesin 1,3 dan 1,5-liter dengan transmisi manual dan otomatis. Veloz menjadi varian baru dengan tampilan eksterior yang lebih sportif dan mewah.

Kabarnya produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini akan dirilis bersamaan pada November 2011. Sedangkan banderolnya diprediksi akan naik Rp 5-10 juta. Diharapkan pula dengan hadirnya model terbaru ini semakin menarik kepercayaan konsumen terhadap Avanza.

PT Honda Prospect Motor

Lain dengan PT Toyota Indonesia yang sedang sibuk menyimpan rapat-rapat model terbaru Avanza, justru PT Honda Prospect Motor sebagai agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia rencananya akan menghadirkan sebuah mobil MPV berkapasitas 7 penumpang yang selevel dengan Avanza dan Xenia.

Menurut Direktur Marketing dan Purnajual Honda Indonesia Jonfis Fandy hingga saat ini pihaknya masih menutup rapat MPV yang ditenggarai akan ditempatkan di bawah Honda Freed. Untuk saat belum ada rencana itu.Sebelumnya, HPM telah meluncurkan Honda Freed versi murah. Mobil yang memiliki nama Honda Freed S. Alpha, dijual dengan benderol harga Rp219 juta (on the road Jakarta). Sementara dua varian yang sudah ada, yakni Freed S dijual seharga Rp239,5 juta dan Freed E dijual seharga Rp260 juta.

Namun, adanya pemangkasan harga, secara otomatis akan diikuti dengan pengurangan fitur-fitur. Honda Prospect Motor mengatakan, Freed S Alpha ini tidak memiliki desain velg yang sama dengan varian lainnya, jenis head unit-nya juga berbeda, serta tanpa tailgate spoiler dan power sliding door.

Seperti diketahui, segmen pasar mobil MPV di tanah air terus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Tak hayal segmen ini menjadi gula-gula bagi setiap produsen mobil.Mereka pun berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil multi fungsi ini dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, duet fenomenal "kakak-adik" Avanza-Xenia masih menjadi raja di segmen MPV. Sejak tahun 2008 sampai 2010, menurut data Gaikindo, duet Avanza Xenia telah terjual sebanyak 466.807 unit (semua varian).