Pompa Semi Jet Pump Pilihan Alternatif

NERACA. Mesin pompa air kini telah menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan, karena membantu orang untuk mendapatkan air dalam tanah dengan sangat mudah. Bila dahulu orang banyak mempergunakan tenaga dan alat pompa manual untuk mendapatkan air. Berapa banyak waktu yang habis terbuang hanya untuk memenuhi kolam penampungan air dalam rumah, bila menggunakan sumur timba/kerek dan mesin pompa manual? Di samping itu dari segi tempat terlalu memakan tempat dan berisiko tinggi bila sumur galian itu mengalami longsor.

Perkembangan jaman dalam ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan penemuan yang inovatif dan memudahkan pekerjaan manusia. Penemuan mesin pompa air dengan menggunakan listrik,benar-benar telah dirasakan manfaatnya oleh berbagai orang saat ini. Mesin pompa air beragam dari kelas umum, menengah dan kelas atas banyak ditawarkan. Bila ingin benar-benar mendapatkan mesin pompa air yang berkualitas tinggi maka tergantung merek.

Akan tetapi untuk pemakaian mesin pompa semi jet pump merupakan alternatif yang bisa di andalkan. Ukuran dan jenisnya sangat diperlukan oleh kalangan umum dari masyarakat kebanyakan. Pompa jenis ini diperuntukkan untuk kedalaman air sekitar 9 meter dan memiliki kapasitas 200 watt - 300 watt. Hampir semua merek mesin pompa air menyediakan mesin ini, mulai dari shimizu, panasonic, bahkan sanyo. Untuk mesin pompa semi jet pump ini memiliki harga yang berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung kualitas dari mesin itu sendiri.

Mesin ini, umumnya banyak digunakan untuk perumahan yang memiliki ke dalaman air rata-rata pada 7 meter atau 9 meter. Banyak perumahan yang berada pada dataran rendah menggunakan mesin semi jet pump untuk mendapatkan air didalam rumahnya. Saat ini orang menggunakan mesin semi jet pump menggunakan merek shimizu. Hal itu karena shimizu didesain untuk mesin yang berkapasitas menengah dan memiliki kualitas yang cukup handal serta harga yang bersaing. Mulai dari Rp. 900.000 hingga jutaan rupiah banyak ditawarkan dipasaran dan toko-toko mesin pompa air.

Mesin jet pump ini, cukup handal untuk menyedot air di dalam tanah sehingga memudahkan para pengguna untuk mendapatkan air secara optimal. Memang terkadang mesin semi jet pump ini ada kendalanya ketika mengalami musim kemarau, yang menyebabkan penurunan permukaan air, sehingga air yang disedot akan berkurang atau bahkan bisa kering.

Mesin ini harus benar-benar dijaga dan dirawat sehingga bisa berjalan secara maksimal. Memang bunyi mesin yang dikeluarkannya agak sedikit halus, tetapi getaran yang dihasilkan sangat kencang. Bila ada sedikit saja kerusakan atau gangguan yang dialami, mesin akan akan terdengar berisik dan agak meraung-raung. Mesin semi jet pump ini memang memiliki ukuran yang sedang dan bisa memenuhi kebutuhan dilokasi yang lahannya terbatas.

Dibanding menggunakan mesin pompa untuk ukuran ke atas, harganya cukup mahal dan mesinnya lebih besar, sehingga memerlukan tempat khusus untuk menempatkannya. Selain itu, penggunaan listrik yang cukup besar sehingga arrus listrik yang digunakan cukup mahal dalam perbulannya. Perawatan mesin, bila mengalami kerusakan maka biaya service cukup mahal dan suku cadangnya pun masih cukup mahal pula. Walaupun mesin kelas atas memang lebih unggul dalam segi penyedotan air dan memiliki daya tahan yang kuat karena materialnya disesuaikan untuk tahan lama, tetapi budget harus disesuaikan dengan yang dibutuhkan.

Untuk memilih mesin pompa yang berkualitas dengan budget yang sedang tetapi pemenuhan air rumah dapat terpenuhi dengan baik, alternatifnya adalah mesin semi jet pump. Mesin yang memang difungsikan untuk tipe menengah dapat digunakan untuk memenuhi kolam air dirumah Anda secara optimal. Selain itu, tempat untuk membuat perangkat mesin air tidak banyak memakan area yang ada, sehingga tidak banyak merubah tata ruang sekelilingnya.

Dalam pemasangan mesin, harus dilihat kondisi dari kedalaman air permukaan tanah, karena mesin ini memiliki keterbatasan dalam menyedot air tanah pada kedalaman tertentu. Umumnya standar dari mesin ini dari 7 meter- 9 meter pada kedalaman air dari tanah. Bila kedalaman air tanah lebih dari 9 meter, maka mesin ini akan tidak maksimal dalam menyedot air, bahkan tidak dapat mengeluarkan air sedikitpun bila air berada pada kedalaman 20 meter- 30 meter. (shiddiq/dbs)

Related posts