Mesin Pompa Air Rumah Yang Tepat

Sabtu, 22/10/2011

NERACA. Untuk mencari mesin pompa air yang tepat bagi rumah tinggal haruslah mempertimbangkan berbagai faktor, semisal lokasi atau hambatan yang membuat pemasangan mesin pompa air sulit dijangkau terutama pada pemasangan mesin pompa air didalam rumah.

Karena itu, pompa yang digunakan di dalam rumah harus sesuai dengan keberadaan lokasinya dan kedalaman sumber mata air dalam tanah. Ada beragam jenis ukuran mesin pompa air untuk kedalaman sumur yang dapat dipilih. Bila kedalaman kurang dari tujuh meter bisanya digunakan mesin pompa untuk jenis dangkal, dan bila sumur memiliki ke dalaman lebih dari tujuh sampai sembilan meter maka sebaiknya menggunakan mesin pompa untuk jenis sumur dangkal tipe pompa semi jet.

Ada juga yang memiliki kedalaman air tanah yang mencapai sembilan meter lebih yang memerlukan mesin pompa air yang cukup handal untuk menyedot air dengan lancar. Umumnya orang menggunakan mesin pompa dengan jenis jet pump, sehingga air dapat dipompa dengan lancar.

Untuk pompa jenis jet pump ini memiliki lubang berdiamameter yang cukup besar dan memiliki dua lubang yang berguna untuk mendorong tenaga mesin dan untuk mengeluarkan air ke permukaan yang dialirkan melalui pipa. Pipa ini disalurkan pada tempat penampungan air didalam rumah.

Ukuran permukaan kedalaman air tanah harus diketahui, sehingga ketika memasang mesin pompa dapat memastikan bahwa mesin akan berjalan mulus. Jangan sampai salah mengukur kedalaman air. Kedalaman air adalah mulai adanya air pada permukaan tanah pada ketinggian tertentu. Seperti kedalaman 4 sampai 5 meter, pipa paralon bisa saja dipasang pada kedalaman 20 meter dan tidak akan mempengaruhi penyedotan air tersebut.

Perhatikan jenis dan ukuran mesin pompa, sehingga mesin pompa dapat berjalan dengan baik. Hal ini untuk mengatur antara kemampuan dari daya hisap mesin dan kedalaman air tanah, sehingga bisa mengetahui kemampuan mesin dalam menghasilkan air ketika mesin dioperasikan. Selain itu, voltase harus diperhatikan sesuai dengan voltase yang ada pada rumah, sehingga penggunaan listrik dpat diketahui seberapa besar yang dikeluarkan.

Untuk jenis pompa mesin jet pump yang memiliki kapasitas 300 watt, biasanya digunakan untuk kedalaman 15 meter. Bila dipaksakan untuk mnyedot air melebihi kedalaman dari 15 meter maka daya hisap dari mesin pompa akan berkurang dan tidak maksimal. Jangan lupa perhatikan tower penampungan air dengan keberadaan mesin pompa air, sehingga air dapat mengalir dengan baik ketempat penampungan.

Kemudian pertimbangkan daya listrik rumah dengan kapasitas mesin pompa. Bila mesin pompa berdaya 300 watt maka kapasitas listrik setidaknya 900 watt. Hal itu dibutuhkan karena ketika mesin pompa dihidupkan maka lompatan energi listrik bisa 3 kali kapasitas mesin, baru setelah berjalan listrik kembali ketitik normal.

Pemutus arus listrik secara otomatis diperlukan apabila listrik mengalami kelebihan daya akibat lonjakan energi mesin pompa. Hal ini untuk menghindari ketika terjadi lampu mati, lalu listrik hidup kembali dan daya listrik pada mesin pompa melonjak yang bisa mengakibatkan korsleting listrik dirumah. Pemakaian alat-alat elektronik yang memakai listrik akan mempengaruhi aliran listrik, sehingga dengan adanya pemutus arus listrik pada mesin pompa akan menghindari kerusakan pada daya listrik rumah dan barang elektronik lainnya.

Selain itu, untuk memilih mesin pompa yang tepat didalam rumah, pilihlah mesin yang tidak mengeluarkan suara yang berisik. Jadi carilah mesin pompa yang halus suara pada mesinnya ketika sedang dioperasionalkan. Kita tentunya tidak mau bukan mendengar suara berisik atau gaduh ketika sedang berada didalam rumah. Apalagi ketika sedang berbicara atau mendengarkan berita di TV, tiba-tiba terdengar suara yang dapat mengurangi daya fokus pendengaran. Nah, untuk mengantisipasi hal itu, maka pilihlah mesin pompa yang halus suaranya, sehingga ketika dioperasikan, mesin itu tidak mengganggu dengan suara mekanik pada mesin tersebut.

Anggaran pengeluaran/budget yang diperlukan harus diperhatikan untuk membeli dan memilih mesin pompa yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Kebutuhan mesin pompa meski diperhatikan dengan kebutuhan yang dimiliki, sehingga tidak mengalami kesalahan dalam memilih mesin pompa tersebut. Berbagai mesin pompa air dari yang harga murah, menengah dan harga kelas atas yang cukup mahal, semua tersedia di pasaran. Mulai dari shimizu, DAB, panasonic dan Sanyo yang merupakan kelas atas bisa menjadi pilihan yang dibutuhkan. (shiddiq/dbs)