Gerilya Marketing, "How To Win The Battle"

Sabtu, 15/10/2011

Gerilya adalah Strategi dan Taktik perang yang mengutamakan terobosan disetiap pertempuran dengan melakukan serangan - serangan dan mengejutkan dengan menggunakan beberapa cara dan senjata. Definisi dari pemasaran gerilya adalah, melakukan kegiatan Pemasaran lebih banyak dengan menggunakan suatu strategi dan taktik Gerilya yang inovatif dan efisien. Pemasaran gerilya merupakan satu strategi pemasaran yang cukup sukses. Pemasaran gerilya dapat dilakukan tanpa mengeluarkan anggaran yang mahal. Dalam pemasaran gerilya yang dibutuhkan adalah suatu ide yang cemerlang untuk mempromosikan produk Anda.

Neraca. Dunia bisnis saat ini bagaikan medan perang. Dalam era globalisasi ekonomi, persaingan di ranah bisnis bahkan mungkin lebih dahsyat ketimbang medan pertempuran. Dunia memasuki era copycat economy dan wikinomics. Teori-teori perkembangan organisasi masa lalu yang berpijak pada “life cycle” perusahaan guna mencapai kejayaan, yang harus melalui tahapan-tahapan initial, growth, mature, decline dan revival, saat ini telah usang.

Kita bisa melihat bagaimana “Brawn GP” merebut juara dunia konstruktor dan pebalap F1 pada tahun pertama keikutsertaannya. F1 adalah bisnis super canggih, mesin ultra modern, sponsor multinasional, pebalap genius, strategi tim solid, dan pengalaman akan sangat menentukan keberhasilan (atau kegagalan). Brawn GP memutarbalikkannya.

Nokia dalam dua tahun terakhir digempur habis oleh Research in Motion dengan Blackberry. Keniscayaan tak terbayangkan sebelumnya. Pabrikan yang berusia lebih dari 200 tahun, market leader selama berpuluh tahun di bisnis seluler, harus bersiap menyerahkan “takhta” kepada perusahaan yang belum genap 15 tahun. Setiap perusahaan membutuhkan strategi tempur yang tepat untuk memenangkan persaingan. Inovasi saja tidaklah cukup.

Kadang kita harus sudah menciptakan kreasi baru, terobosan baru dan produk superior baru pada saat produk unggulan kita masih merajai pasar. Ahli manajemen menyebutnya creative destruction. Setiap departemen, divisi dan unit kerja harus menciptakan sinergi, strategi dan effort yang akurat, cepat, cekatan dan tepat demi keberhasilan. Inilah intisari strategi dewa perang Tiongkok bernama Sun Tzu.

Pakar marketing yang mencetuskan gaya marketing underground dan menyerang diam-diam adalah : Jay Conrad levinson, beliau adalah pakar merketing dunia yang punya “satu senjata ampuh bernama “Guerrilla Marketing”. Tak ada orang lain didunia ini yang memahami bagaimana cara menggunakan “senjata” untuk “bergerilya” dalam dunia marketing sebaik Jay. Jay terlahir di Detroit dan dibesarkan di Chicago dan lulus dari Universitas Colorado. Studi dibidang psikologi menuntunnya pada karier di agensi periklanan.

Jay juga menulis buku seri Guerilla Marketing, Jay juga menjabat sebagai chairman dari Guerilla Marketing International, yang menjadi mitra pemasaran untuk Adobe dan Apple. Ia telah bergabung menjadi dewan penasihat di Microsoft dan 3Com.

Adapun beberapa kriteria dari Marketing Gerilya adalah sebagai berikut:

Kreatif, Kreatif, dan Kreatif Lebih terspesifik pada bisnis kecil menengah dan entrepreneur, namun tidak tertutup pada bisnis besar yang mau mencoba teknik ini Lebih mendasar pada kebutuhan Human Psychology daripada analisis, dan kebutuhan pasar yang sebenarnya Dibandingkan dengan uang, Marketing Gerilya lebih mementingkan pada sumber daya yang besar, energi, imaginasi, dan kreasi Statistik utama dalam perhitungan sukses dalam konsep ini lebih terfokus pada keuntungan, bukan pada penjualan Menggunakan teknologi dalam proses promosi Targeting lebih terfokus pada small group. The smaller, the bettter.

Konsep Guirella Marketing begitu terkenal dan terbukti keampuhannya, konsep ini menyasar konsumen di tempat-tempat tak terduga. Tujuan Guerilla Marketing adalah untuk menciptakan suatu konsep yang bersifat unik, menggerakkan, serta pemprovokasi untuk menciptakan suatu buzz.., yang akhirnya menyebar atau menjadi viral.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip utama dari Jay Conrad Levinson yang ia terapkan lewat Guerrilla Marketing-nya.:

Guerrilla Marketing secara spesifik dirancang dan disusun untuk bisnis kecil dan para pengusaha. Konsep ini didasari oleh psikologi manusia. Investasi yg dilakukan haruslah diprioritaskan lebih pada waktu,energie, dan kreatifitas tetapi bukan uang. Ukuran kesuksesan utama yang dipakai untuk bisnis Anda adalah jumlah provit bukan penjualan. Para pemasar juga harus fokus pada seberapa banyak hubungan atau koneksi baru yang dibuat setiap bulannya. Menciptakan standart of excellence dengan selalu fokus, dan bukannya divertifikasi dengan menawarkan produk dan jasa yang banyak atau beragam. Dari pada berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru, berusahalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin referensi dan transaksi yang lebih besar dari pelanggan yang sudah ada. Lupakan kompetisi dan fokuslah utnuk bekerjasama dengan perusahaan lain. Para pemasar Guerrilla sebaiknya menggunakan kombinasi dari beberapa metod marketing untuk menjalankan suatu kampanye. Menggunakan teknologi yang sudah ada dan matang sebagai tool untuk Fokus untuk mendaoatkan persetujuan daripada pelanggan individu supaya Anda bisa mengirim informasi dan mengedukasi mereka daripada memaksakan penjualan. Membangun bisnis Anda. Semua pesan ditujukan pada individu atau kelompok pelanggan kecil, Semakin kecil dan spesifik , maka semakin baik

PRINSIP DASAR PEMASARAN GERILYA

· Melakukan kegiatan pemasaran lebih banyak dengan biaya lebih ringan.

· Pemasaran adalah berhubungan dengan orang.

· Keuntungan sebagai dasar tolok ukur.

· Lebih diarahkan untuk usaha menengah kebawah walaupun dapat dilakukan oleh usaha

besar.

· Teknologi sangat mempermudah, lebih praktis dan hemat biaya.

· Mengembangkan kerjasama bukan kompetisi.

· Mendahulukan hubungan baik daripada penjualan.

· Menggunakan kombinasi sarana-sarana promosi.

· Menyediakan 100 macam cara dan sarana promosi.

· Mengeksplorasi lebih banyak penggunaan bahasa isyarat.

· Pemasaran bukan hanya sebagai kesempatan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih dari itu membantu customer sukses dalam usahanya.

· Memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan kepada customer.

PERENCANAAN PEMASARAN GERILYA

Perencanaan sangat menentukan keberhasilan pemasaran gerilya. Hakekat perencanaan adalah apa yang hendak dicapai, kapan dan bagaimana cara mencapainya.

Tentukan sasaran / objektif yang hendak dicapai seperti misalnya :

1. Sasaran Pasar - Asosiasi Profesi, karyawan, perusahaan dll

2. Target kualitatif - Penjualan secara kolektif

3. Secara kuantitatif - 100 unit per bulan

Mengelola waktu dan teritori secara efektif

1. Menetapkan waktu pelaksanaan

2. Menetapkan cakupan wilayah / teritori

Menetapkan Strategi dan taktik pemasaran gerilya dengan menggunakan berbagai alternatif senjata pemasaran yang paling efektif. Mengelola organisasi pelaksanaannya seperti membentuk Task Force, membuat SOP dan pengendalian proses yang dibutuhkan untuk memastikan tercapainya sasaran. Membuat anggaran yang memberikan perkiraan jumlah penjualan dan biaya operasinya.

Beberapa contoh pemasaran gerilya yang sangat menarik dapat kita ditemukan diberbagai sudut jalan di kota besar dan ini benar-benar menarik. Konsep kreatif pemasaran gerilya diciptakan sebagai sistem promosi yang tidak konvensional dan hanya memerlukan anggaran promosi yang tinggi. Kampanye ini ditargetkan pada tempat-tempat tak terduga dan berpotensi interaktif.

Salah satu contohnya adalah kampanye Audi. Dengan menggunakan poster, terlihat salah satu mobil Audi diparkir di garasi. Sepertinya parkir terbuka dengan Audi diparkir, tapi itu hanya poster yang diletakkan di pintu garasi.