Puluhan Imigran Asal Irak da Iran, Dicokok di Sukabumi

Rabu, 05/10/2011

Sebanyak 44 imigran gelap yang akan menyeberang ke Australia lewat Palabuhanratu Kab. Sukabumi, berhasil diringkus tim gabungan Polda Jabar dan Imigrasi. Para Imigran gelap ini diantaranya dua orang warga negara Irak dan selebihnya warga Negara Iran

Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, I Ketut Arif membenarkan pihaknya berhasil mengamankan para imigran gelap itu. Bahkan setiba di Kantor Imigrasi Sukabumi, dua orang imigran berupaya melarikan diri ke persawahan.

“Mereka mencoba lari dengan cara meronta saat hendak di bawa kedalam kantor guna pemeriksaan. Namun petugas imigrasi dibantu aparat kepolisian, langsung sigap dan berhasil mengamankan para imigran yang hendak melarikan diri itu tanpa perlawanan,” ujar I Ketur.

Para imigran gelap ini berhasil diringkus, jelas dia, pada Senin (3/10) malam lalu, di daerah Kec. Cikidang Kab. Sukabumi, menggunakan tujuah kendaraan yang mereka sewa dari Bogor. “Sejatinya penangkapannya pukul 24:00 wib persis di depan Polsek Cikidang. Mereka menggunakan dua kendaraan sewaan dari Bogor jenis AVP dan Avansa,” kata dia.

Dari hasil pemeriksan sementara diketahui, dari sebanyak 44 imigran itu 10 orang diantaranya memiliki paspor. “Memang ada yang memiliki paspor yakni sebanyak 10 orang. Kami mencurigai ada keterlibatan orang Indonesia. Kini kami terus mendalami kasus ini sehingga bisa diketahui, apakah merkea ada yang mengkoordinirnya atau tidak," jelasnya.