Desain Interior dan Eksterior Rumah Minimalis Modern

Sabtu, 15/10/2011

Neraca. Didalam model rumah modern minimalis, rumah akan terlihat lebih ramping, baik itu untuk interior dalam ruangannya, maupun dalam penataan ruangannya secara keseluruhan. Bila anda memiliki keluarga kecil yang sederhana dan hanya beranggotakan 4 orang, rumah model ini akan sangat cocok untuk anda. Gaya yang sederhana, terlihat efektif dan tetap trendi akan terlihat dari karakter model rumah ini.

Untuk interior ruangan, Anda bisa memadukan dinding ruangan sebagai salah satu elemen lemari ataupun sebagai sebuah rumah untuk penempatan lampu-lampu dinding. Hal ini, bisa dilakukan dengan memodifikasi ruangan Anda, khususnya pada dinding. Selain itu, pada bagian langit-langit, Anda juga dapat memodifikasinya dengan bahan rangka kayu, sekaligus menjadikannya sebuah lemari penyimpanan. Hal ini tentunya akan dapat menjadi ruangan yang efektif bagi tempat menyimpan barang-barang.

Sistem pencahayaan pada rumah minimalis modern 2011 juga kini lebih berkembang dan banyak pilihan. Model lampu yang memiliki bahan alumunium dan semacam logam lainnya akan tampak dominan bagi gaya ini. Anda mungkin tertarik dengan beberapa model lampu modern yang sering dilihat di toko-toko asesoris interior. Untuk eksterior dan taman, gunakanlah tanaman tanaman yang tidak terlihat sangat besar sehingga tampilan rumah anda tidak tertutupi oleh pohon. Secara umum rumah minimalis 2011 akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan yang ada.

Untuk interior ruang tamu, penerapan gaya art deco yang banyak memakai ornamen bulat, kotak-kotak, atau bentuk geometris lainnya, cukup dijadikan aksen saja. Misalnya, hanya dipakai untuk lemari TV atau lemari display lainnya. Sedangkan perabot lainnya, seperti meja dan kursi, dipilih model yang simpel dan finishingnya memakai warna cocoa brown (cokelat gelap). Bila perlu, diberi aksen warna hitam agar terlihat lebih mewah.

Sementara itu, jika memakai konsep minimalis, karena semuanya dibuat serba minimal, supaya ruang tidak terkesan kosong perlu diberikan sedikit aksen. Misalnya, ada satu meja atau kursi yang desainnya tradisional.

Ruang keluarga, untuk rumah model art deco atau minimalis, akan lebih cocok memakai permainan warna cokelat dan serat-serat kayu. Selain itu, orang juga banyak yang menyukai kayu nyantoh, karena seratnya lurus-lurus, atau kayu mahoni yang warnanya agak kemerah-merahan. Sementara model-model furniturenya juga dipilih yang simpel, tidak memakai ukir-ukiran maupun profil.

Sementara di bagian kamar tidur, dinding kamar tidur juga disarankan memakai warna-warna cerah minimalis. Kalaupun diberi aksen, biasanya untuk dinding di belakang headboard ranjang. Sementara bila memakai wallpaper, dipilih corak daun-daunan, anyam-anyaman bambu, dan sebagainya.

Model tempat tidurnya juga dibuat sederhana, mirip furniture Jepang. Dibuat pendek dengan dipan lurus memakai kaki. Untuk itu, agar kelihatan mewah, head-board ranjangnya perlu dilapisi dengan bahan yang terbuat dari kulit atau kayu bergelombang. Finishing kayunya memakai warna gelap cocoa brown atau maple. Bisa juga bahan kulit tersebut dianyam agar mengesankan tradisional.

Bahan kulit juga bagus dipakai untuk pelapis kursi yang ditaruh di kamar. Sedangkan meja dan kursi di ruang makan, juga dipilih yang modelnya simpel. Top table-nya bisa memakai kayu, dapat pula memakai kaca. Dinding ruang makannya diberi ornamen, misalnya batu paras Yogyakarta, dan kaca cermin kotak-kotak (kaca patri).

Kemudian untuk penerangannya memakai lampu gantung berbentuk geometris, bulat, kotak, atau prisma. Sementara untuk kursi makannya, kebanyakan dengan high backing dan bahan yang dipakai biasanya ‘chenille’ warna coklat, krem atau hitam kulit (ram).