Yayasan Batik Jawa Barat Ajak Warga Pakai Batik

Senin, 03/10/2011

Dalam rangka memaknai Hari Batik Nasional pada setiap 2 Oktober Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) menggelar serangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut launching “Balarea Batik Jabar” sebagai forum pecinta batik di Jawa Barat, kegiatan belajar membatik dan melukis batik bagi anak-anak dan orang dewasa. Acara tersebut juga dimeriahkan aksi freezing selama beberapa detik sambil memperlihatkan beragam motif batik Jabar kepada masyarakat.

Menurut Ketua YBJB Ny. Sendy Dede Yusuf , rangkaian kegiatan dalam memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan budaya yang diselenggarakan saat ini, dimaksudkan untuk mensosialisasikan motif batik Jabar yang sudah diinventarisir YBJB.

“Kegiatan tersebut, juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menghidupkan kembali usaha membatik di beberapa daerah yang sempat mati suri. Dalam konteks perkembangannya kini batik sudah semakin populer di masyarakat,”papar Sendy.

Pada Hari Batik Nasional yang kedua tahun 2010 silam, YBJB bersama masyarakat mengadakan parade batik terpanjang hingga 446,6 meter yang diisi sebanyak 407 motif dari Sabang hingga Merauke dengan 112 komposisi warna pernah memecahkan Rekor MURI pada 2005 silam.