Cara Perawatan Mesin Gen Set

NERACA. Penggunaan mesin genset merupakan suatu kebutuhan tersendiri untuk suatu perusahaan, pedesaan dan lainnya. Selain itu, mesin genset sangat diperlukan untuk mengantisipasi pemadaman berkala, pemadaman mendadak atau bahkan daerah terpencil. Bila dilihat kebutuhan pada suatu perusahaan besar apabila asupan listrik terhenti pada waktu jam kerja, maka perusahaan akan mengalami kerugian.

Untuk mengantisipasi kerugian itu, maka banyak perusahaan yang memiliki mesin gen set untuk tetap menjalankan sistem listrik perkantoran dan semacamnya. Jadi, perusahaan tidak mengalami kendala dan kerugian ketika terjadi pemutusan lampu sepihak. Roda ekonomi pun terus berlanjut dan pekerjaan diperusahaan tetap berjalan normal.

Mesin genset akan menyala secara otomatis ketika lampu mati akibat pemadaman bergilir atau karena PLN mengalami kerusakan akibat banjir atau tersambar petir. Bila lampu sering padam maka pemakaian genset akan terus meningkat, apalagi dipedesaan terpencil, genset sering digunakan setiap harinya.

Pemakaian yang terus menerus tanpa adanya perawatan yang baik dan benar, biasanya mesin gen set akan cepat mengalami kerusakan. Nah, untuk menjaga agar mesin gen set tetap terawat dengan baik, perhatikanlah beberapa faktor berikut ini:

Pertama. Letakkan genset diluar ruangan. Hal ini berguna untuk mengeluarkan karbon monoksida yang dihasilkan, karena bila terhirup oleh manusia dapat membahayakan kesehatan atau bahkan membahayakan keselamatan jiwa bila terlalu banyak menghirupnya.

Kedua. Selain itu, pergunakan sistem grounding untuk sistem listrik di rumah, agar arus listrik yang berlebih karena medan magnet dapat terserap kedalam tanah.

Ketiga. Bila menggunakan genset gas jangan sampai melebihi kapasitas. Kemudian hidupkan listrik yang membutuhkan daya yang lebih besar.

Keempat. Periksalah berbagai komponen yang ada pada genset seperti volume pelumas, air radiator, dan tangki bahan bakar. Hal itu meski dilakukan secara rutin. Demikianlah beberapa tips di atas, semoga bisa menambah wawasan Anda.

Related posts