Suzuki Motor Siap Bangkit di Akhir Tahun

Sabtu, 01/10/2011

Sebagai salah satu produsen motor di Indonesia Suzuki beberapa waktu yang lalu, banyak mengalami kendala dalam pemasaran produknya. Hal ini coba kembali dibangkitkan oleh pabrikan yang berasal dari Jepang ini. Terbukti kebangkitan Suzuki sudah di depan mata.

Neraca. Walaupun tahun ini Suzuki hanya mengeluarkan Hayate, tapi Suzuki sebenarnya telah menyiapkan beberapa kejutan lain di akhir tahun ini. Kejutan tersebut adalah Suzuki siap memperkenalkan Nex untuk menghantam pasar Indonesia. Tahun depan kemungkinan besar akan datang sebuah motor sport baru yang akan mengibarkan bendera Suzuki ke tempat yang tinggi lagi yakni Suzuki Nex.

Hal tersebut di dapat Harian Neraca dari seorang pemilik diler Suzuki, yang mengikuti dealer meeting Suzuki beberapa waktu lalu. “Rencana sudah ada, tapi belum tahu persis bulan apa keluarnya,” ungkap salah satu kepala dealer Suzuki di Jakarta.

Sang sumber lalu memberikan penjelasan kalau kedatangan motor sport yang mengusung mesin 250 cc ini adalah, sebuah keniscayaan sebagai upaya kebangkitan merek Suzuki di Indonesia. Suzuki GW250 sendiri sering kali dijuluki sebagai versi kecil dari motor sport B-King. Garis desain dan teknologi yang tersemat di motor ini menyiratkan persaudaraannya dengan motor besar milik Suzuki tadi.

Motor ini digerakkan oleh mesin 250 cc liquid-cooled twin paralel yang dalam versi konsepnya memiliki 26 tenaga dan torsi 24 Nm. Dari foto versi produksi yang ada, tampak aura keganasan motor ini tersembul hanya dalam sekilas memandang.

Tangki bensin berukuran besar tampak kekar dan berpadu dengan lampu sein di bagian kanan-kiri depan tangki. Dengan paduan tersebut, aura sporty dan futuristik berhasil di dapat Suzuki. Sportifitas motor ini juga terlihat dari garis desain spakbor dan lampu yang berpadu dengan tangki tadi. Bagian depan Suzuki GW250 pun jadi tampak menawan.

Selain itu, Suzuki GW250 juga digadang-gadang sebagai replika B-King yang muscle bike dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc. Hanya saja yang membedakan adalah mesin lebih kecil. Parasnya persis Suzuki B-King, bergaya streetfighter yang berotot. Tubuhnya tanpa dibalut fairing sehingga lekuk mesin dan garis body terlihat jelas untuk menunjukkan identitas nakedbike yang gagah. Dibekali dengan mesin 2-silinder berkapasitas 250 cc, yang menghasilkan tenaga 26 hp pada 8.500 rpm serta torsi 24 Nm pada 7000 rpm. Sepeda motor ini juga dibekalimuffler dua buah di sebelah kanan dan kiri layaknya sepeda motor gede (moge).

Untuk menghentikan lajunya dua rodanya telah teraplikasi rem cakram. Bobot GW250 mencapai 182 kg. Namun, jangan bandingkan GW250 dengan Kawasaki Ninja 250R ataupun Honda CBR 250R, pasalnya Ninja dan CBR mengusung tema sports bike sedangakan GW250 merupakan nakedbike.

Suzuki NEX

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) sepeda motor Suzuki akan membuat gebrakan dengan meluncurkan skutik terbaru berkapasitas 110 cc, yaitu Suzuki Nex 2012. Motor tersebut nantinya akan memanaskan kelas skutik 110 cc yang kini masih didominasi oleh Honda Beat dan Yamaha Mio.

Memang, hingga saat ini pihak SIS masih menyimpan rapat spesifiskasi dari motor yang rencananya akan diluncurkan November mendatang. Namun, jika melihat Suzuki Nex yang sudah sudah lebih dulu dirilis di Taiwan dan Jepang. Motor skutik ini menggendong mesin injeksi berkapasitas 125 cc.

Tapi diprediksi, Suzuki Nex akan menggunakan mesin 110 cc untuk di Indonesia. Skutik ini mengusung desain futuristik dengan lampu mengikuti garis sayap depan. Sedangkan headlamp seperti Suzuki Spin

Selain itu, dimensi pemakaian ukuran ban lebih kecil dari ukuran skutik pada umumnya, dengan berdimensi 10 inci, skutik umumnya menggunakan ukuran 14 inci. Lalu suspensi belakang mengaplikasi dual shock, seperti ditemui pada Suzuki Hayate.

Bagasi Nex juga tergolong lega, karena berukuran 32 liter dan mampu menampung dua helm jenis fullface dan openface sekaligus. Ukuran ini diklaim sebagai yang terbesar di kelasnya, seperti Honda Spacy hanya 18 liter.