Apartemen Sebagai Investasi

Persaingan bisnis apartemen makin ketat. Setiap tahun dibangun sejumlah apartemen baru di berbagai kawasan strategis. Misalnya, di Jakarta, sepanjang kuartal III tahun ini setidaknya ada tujuh apartemen mewah yang diluncurkan. Total luas pasokan ketujuh proyek apartemen tersebut mencapai 157.513 m2.

Ketujuh apartemen mewah yang diluncurkan tersebut adalah Residences at Dharmawangsa Tower 2 dari PT Etika Karya Usaha, Citadines Jakarta Rasuna (PT Hutama Karya), The Park Residence (PT Artha Karya Manunggal Jaya), Westmark (PT Cowell Development Tbk.), Mutiara Menteng Mansion (PT Cempaka Wenang Jaya), Verde menara selatan dan utara (PT Bangun Kuningan Indah), dan St Moritz Tower Royal 2 (PT Lippo Karawaci Tbk.). Jones Lang Lasalle, konsultan properti, mencatat penjualan subsektor apartemen di kuartal III tersebut mencapai 1.000 unit atau naik dibanding kuartal sebelumnya yang sebanyak 800 unit.

Maraknya bisnis apartemen dipengaruhi tingginya minat masyarakat terhadap hunian tersebut. Hiramsyah S. Thaib, Presdir dan CEO PT Bakrieland Development Tbk., mengatakan, tingginya minat tersebut salah satunya karena saat ini banyak orang, seperti kaum pekerja, yang ingin lebih mudah mendekati tempat kerjanya. Hal ini karena tingkat kemacetan yang semakin parah, jalan sering banjir, sehingga waktu tempuh rumah-kantor atau sebaliknya menjadi lebih lama dan menghabiskan energi.

Investasi apartment/apartemen Jakarta yang terlalu mahal, dan di lokasi itu banyak tersedia unit membuat konsumen akan lama mengalami pengembalian. Jika demikian, bagaimana semestinya memilih apartemen yang baik? Setidaknya ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah apartemen tersebut harus berada dalam satu kawasan yang menyediakan kualitas hunian yang sehat dan berkualitas jika motif Anda untuk tinggal.

Bila apartemen Jakarta dijadikan sebagai objek investasi, proyek tersebut harus dapat berkembang. Karena itu, pilihlah apartemen Jakarta di lokasi yang tanahnya telah terbatas, nilai sudah tinggi, potensi permintaan masih banyak, dan tidak memiliki pasokan apartemen yang banyak. Selain itu, apartemen Jakarta juga harus berada di pusat permintaan pasar sewa yang tinggi daerah Sudirman, Semanggi, Casablanca sebagai jaminan investasi Anda yang memang berada di pusat perkantoran.

Konsep apartemen Jakarta adalah untuk memberikan efisiensi waktu tempuh ke tempat kerja, maka harus mempunyai aksesibilitas yang baik. Fasilitas seharusnya disesuaikan kebutuhan Anda. Tidak usah mewah yang berakibat harga menjadi sangat mahal. Bila motif Anda untuk investasi, carilah yang mempunyai nilai investasi tinggi, salah satunya dengan mengamati pasar sewa.

Anda mungkin dapat survei langsung ke lokasi sekitar mengamati seberapa tinggi nilai sewa yang ada. Umumnya tingkat penerimaan sewa dilihat berdasarkan yield (nilai sewa bersih per tahun dibagi dengan nilai jual). Untuk apartemen Jakarta yang posisinya di CBD berkisar antara 9-11% dari nilai jual. Anda dapat menghitung-hitung sendiri. Jangan sampai lagi konsumen dibuat trauma.Seharusnya saat inilah saat yang tepat untuk berinvestasi di subsektor apartemen khususnya Jakarta dengan asumsi Anda menemukan lokasi dan proyek yang tepat.

Setelah itu, kita bisa membelinya untuk dijual lagi atau disewakan. Ada beberapa hal yang perlu dicermati :

Lokasi apartemen harus strategis, dekat dengan fasilitas umum, sarana hiburan, dan lain-lain, serta lingkungannya nyaman dan mudah diakses. Kenali pengembangnya. Semakin kredibel pengembang, semakin kecil resikonnya. Pilih apartemen yang dijual secara strata title atau hak milik, karena kekuatan hukumnya lebih baik bila terjadi persoalan dengan pengelola apartemen atau pengembang. Apartemen pun bisa dijual lagi, bukan hanya dipindahtangankan atau dialihsewakan saja. Pilih pengembang yang bertanggung jawab akan kelangsungan hidup apartemennya, dengan jaminan sewa tau menyediakan service apartment. Usahakan membeli kontan. Tidak sedikit pengembang memberi diskon kepada pembeli kontan.

Related posts