Periksa Resolusi Keuangan Anda

Oleh: Yulius Ardi, Head of Investment, Standard Chartered Bank Indonesia

Rabu, 29/04/2015

Bagi kebanyakan dari kita, Tahun Baru terasa seperti hari kemarin dan sepertinya belum terlalu lama ketika kita membuat resolusi keuangan untuk tahun 2015. Seiring tahun berjalan, Anda dapat melihat bagaimana Anda mengatur resolusi keuangan Anda. Apakah Anda tetap dalam resolusi Anda? Apakah ada sesuatu yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk tetap menjalankan resolusi tersebut?

Jangan merasa bersalah bila Anda belum mampu untuk mencapai semua tujuan keuangan yang telah Anda tentukan. Misalnya, membuat resolusi untuk hidup dengan anggaran tertentu, mengatur hutang dan mengurani pengeluaran yang berlebihan, atau belajar untuk berinvestasi. Di kuartal yang baru ini, adalah saat yang tepat untuk memeriksa ulang resolusi yang Anda susun dan melakukan penyesuaian demi mencapai resolusi keuangan yang telah Anda tetapkan di awal tahun ini.

Resolusi Penghematan Uang

Apabila resolusi keuangan Anda pada tahun 2015 adalah untuk menabung lebih banyak, sebaiknya tiniau kembali apakah rencana yang Anda susun masih efektif. Apabila Anda tidak dapat memenuhi rencana awal untuk menabung sejumlah uang setiap bulannya, lihat kembali apa akar masalahnya. Mungkin Anda kurang disiplin dalam menyisihkan uang untuk ditabung? Atau mungkin Anda tidak mencari cara-cara lain untuk menghemat uang?. Menabung berarti membuat penyesuaian dalam pengeluaran sehingga Anda dapat tetap menabung dan berhemat.

Idealnya, menabung dan berhemat adalah dengan melakukan kegiatan sederhana dan mudah. Menabung bukanlah menyiksa diri sendiri. Cara terbaik untuk menghemat uang adalah melihat hal-hal kecil yang Anda lakukan sehari-hari.

Salah satu cara sederhana adalah dengan mempertimbangkan kembali isi lemari pakaian Anda. Hindari membeli pakaian dengan tren musiman karena tren akan cepat berganti. Contohnya, bila memiliki celana jeans yang saat ini kurang muat, maka bawalah ke tukang jahit untuk dimodifikasi. Bila membeli celana jeans baru adalah seharga Rp.600.000 dan biaya modifikasi adalah sekitar Rp.100.000, maka Anda dapat berhematRp.500.000 untuk selanjutnya ditabung.

Tetap jaga kebiasaan baik untuk menabung. Untuk kuartal baru di 2015 ini, coba tantang diri Anda untuk menghemat lebih banyak lagi dari pengeluaran bulanan Anda.

Resolusi Pengaturan Hutang

Dengan memangkas biaya yang kurang diperlukan, maka Anda dapat menghindari hutang dan dapat menggunakan uang Anda untuk membayar hutang Anda. Yang terpenting, Anda harus disiplin dalam mengelola hutang. Saat ini berbagai lembaga keuangan menawarkan solusi restrukturisasi yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, tapi pada akhirnya Anda harus tetap memastikan hutang Anda dibayar tepat waktu.

Upayakan pula untuk mencari cara kreatif daam mendapatkan uang untuk membayar hutang Anda. Apabila Anda memiliki barang tak terpakai di rumah, maka Anda mungkin dapat melelangnya melalui garage sale. Selain menjaga rumah menjadi lebih rapi, Anda juga akan mendapatkan uang tambahan untuk ditabung.

Jika Anda sudah mempunyai rencana pembayaran hutang secara teratur, tetaplah berada dalam tujuan Keuangan Anda dan terus mencoba untuk mencari cara untuk membayar hutang lebih banyak agar hutang Anda akan terlunasi lebih cepat.

Resolusi Investasi

Berinvestasi juga merupakan salah satu cara untuk menabung. Apabila Anda telah memulai portfolio investasi, maka Anda telah melakukan hal yang tepat.

Pastikan untuk tetap up-to-date dengan produk investasi baru yang dapat menawarkan hasil atau diversifikasi yang lebih baik. Pertimbangkan apakah portfolio investasi Anda sehat dengan kondisi keuangan saat ini dan apakah Anda harus membuat beberapa penyesuaian. Cara yang terbaik adalah berdiskusi dengan perencana keuangan Anda untuk mengetahui pilihan untuk mengoptimalkan investasi Anda, dan juga menjaga diversifikasi yang sehat untuk portfolio Anda.

Anda juga dapat meninjau kembali rencana keuangan Anda per kuartal untuk membuat penyesuaian. Perlu diingat bahwa rencana keuangan haruslah fleksibel dan realistis. Walaupun tampaknya sulit, jaga usaha Anda dan jangan lupakan tujuan Anda yang telah Anda tetapkan untuk tahun ini.

Artikel ini hanya untuk informasi umum dan walaupun informasi yang terkandung didalamnya dapat dipercaya, ini belum diverifikasi secara independen oleh kami. Anda disarankan untuk melakukan penilaian secara independen terhadap isi dalam artikel ini.***