Focus : Kisah Cinta Penipu Profesional

Seorang penipu ulung dan profesional bernama Nicky Spurgeon (Will Smith) berhasil menggagalkan penipuan amatir yang dilakukan oleh penipu yang amatir pula bernama Jess Barret (Margot Robbie) kepadanya. Bersama dengan rekan lelakinya, Jess gagal merampok Nicky. Namun, karena merasa seprofesi Nicky tak melaporkan mereka ke polisi. Ia justru menasehati dan memberitahu Jess mengapa dirinya bisa gagal. Mendengar nasehat Nicky itu, Jess pun curiga siapa sebenarnya Nicky.

Nicky pun menjelaskan kepada Jess bahwa dirinya sudah lama berkecimpung di dunia penipuan dan sangat profesional. Jess pun kaget mendengarnya dan ingin berguru dan bergabung dengan kelompok penipu dan pencopet yang dipimpin Nicky. Awalnya, Nicky tak mau menerimanya. Tapi, karena kemauan kuat dan keahlian mengambil barang yang dimiliki Jess, akhirnya Nicky tak kuasa menolak.

Sayangnya, di tengah keberhasilan menjalankan misi mereka, Nicky dan Jess saling jatuh cinta. Padahal, ada aturan di mana sesama penipu atau pencopet tidak boleh terlibat urusan asmara. Prinsip itu awalnya mereka pegang kuat. Namun seiring berjalannya waktu hati mereka tertambat satu sama lain. Merasa hal tersebut berbahaya untuk kedepannya, Nicky pun memutuskan meninggalkan Jess dan mengakhiri hubungan mereka tanpa alasan.

Tiga tahun kemudian, Jess mampu beraksi sendiri, muncul di Buenos Aires sebagai kekasih seorang miliarder pemilik mobil balap internasional bernama Garriga (Rodrigo Santoro). Menariknya, di saat yang bersamaan Nicky disewa oleh Garriga untuk memuluskan langkah tim balapnya menjuarai musim balapan yang baru. Muncul pula Farhad (Adrian Martinez), sahabat dari Nicky dan Owens (Gerald McRaney), asisten pribadi Garriga yang ternyata adalah ayah dari Nicky.

Kisah di atas adalah beberapa peristiwa penting yang mengawali film terbaru karya Glenn Ficarra dan John Requa berjudulFocus. Film drama komedi ini memiliki alur cerita yang cukup unik. Sehingga, di setiap scenenya, Anda yang menonton akan ditantang untuk menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan kebanyakan dari Anda mungkin akan salah dalam menebaknya. Inilah salah satu keunggulan dan menariknya filmFocus.

Unsur komedi yang ditampilkan juga cukup ringan. Dalam arti tidak intens, namun ketika itu muncul dapat dengan cepat mencairkan suasana yang awalnya sedang seru dan menegangkan. Terlebih lagi ditambah dengan yang memainkannya adalah Will Smith. Sentuhan humor dan komedi yang biasa ia tampilkan di setiap filmnya sangat terasa. Mulai dari pembawaan, bahasa tubuh, hingga mimik wajahnya.

Related posts