Pajak Daerah Tetap Primadona Pundi PAD Kab. Bogor

Pajak daerah masih merupakan penyumbang terbesar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab. Bogor. Dari berbagai jenis pendapatan yang masuk dalam katagori PAD, ternyata pajak merupakan primadona dalam pemasukan pendapatan.

Dari 10 jenis pajak yang dikelola oleh Pemkab Bogor, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) mempunyai pengaruh yang cukup signifikan mengingat kontribusinya mencapai lebih dari 30% terhadap total PAD.

"Besarnya kontribusi PPJ terhadap PAD di antaranya oleh penambahan jumlah pelanggan PLN, serta penggunaan sumber tenaga listrik yang dihasilkan sendiri seperti genset, terutama di sektor bisnis dan industri, karena pelanggan PLN serta pengguna sumber listrik sendiri adalah wajib pajak PPJ," ungkap Kadis DPKBD, Dedi A Bachtiar.

Menurut Kadis DPKBD, selain jumlah wajib pajak, kontribusi PPJ juga dipengaruhi oleh tarif PPJ yang berlaku. Sejak tahun 2002, Pemerintah Kab. Bogor mengenakan tarif 3% untuk pelanggan PLN dan 2,7% untuk penggunaan sumber listrik sendiri sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kab. Bogor No. 23/ 2002.

Related posts