Ponsel Symbian, Produk Teranyar Nokia

NERACA.Persaingan ketat telah merubah kondisi perindustrian dan teknologi komunikasi. Seperti ponsel yang memiliki beragam jenis dan merek dan masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri. Seperti Nokia yang terus menerus berinovasi dan meningkatkan berbagai kemampuan teknologi produknya untuk memudahkan konsumen sehingga produk mereka tetap berasaing diantara yang lainnya.

Baru- baru ini nokia meluncurkan produk barunya, Nokia 500 sebagai smartphone Nokia terbaru berbasis Symbian Anna. Ponsel ini termasuk dalam kualifikasi ponsel high end. sebuah harga yang relative terjangkau oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Bila kebijakan harga yang diterapkan Nokia cukup bersaing dengan beberapa sistem operasi lain maka perang produk akan menghasilkan persaingan ketat. Untuk seri ini, Nokia menetapkan harga 150 euro atau sekitar Rp 1,8 juta belum terhitung pajak dan subsidi.

Nokia 500 memiliki spesifikasi layar 3,2 inci kapasitif dengan resolusi 640 x 360 piksel dan ada kamera 5 megapiksel di bagian belakang. Dengan tiga layar depan yang dapat disesuaikan berarti hanya tinggal sentuh untuk hal-hal penting, seperti widget dan pintasan untuk berita, aplikasi, dan sebagainya.

Konektivitas ponsel mendukung 14.4Mbps HSDPA dan kecepatan HSUPA 5.8Mbps , Kelebihan NOKIA 500 sebagai ponsel Symbian yang menggunakan prosesor 1 GHz antara lain, dari segi fisik menawarkan hal-hal yang dulu pernah dipakai oleh Nokia untuk melanggengkan kiprahnya di bursa ponsel dunia, seperti cover punggung yang bisa diganti-ganti. Ponsel baru ini didasarkan pada spesifikasi Nokia C5-03 tapi mengupgrade beberapa fitur kunci namun tetap mempertahankan harga yang terjangkau. Nokia 500 diluncurkan dalam warna hitam di Q3 2011 dengan versi putih datang pada Q4 2011 . Akan ada enam panel belakang yang berbeda warna pada peluncuran di Q3.

Di samping itu, yang tak kalah pentingnya adalah ponsel yang bobotnya hanya 93 gram ini menggunakan kamera 5 MP dengan ruang memori internal mencapai 2 GB. Ditambah kelebihannya yang masih bisa diekspansi ke kartu memori (microSD). Nokia 500 pun bisa dpergunakan di semua negara. Frekuensi GSM untuk 2G maupun 3,5G (HSDPA) sangat lengkap sehingga mampu menjangkau jarak yang luas.

Prosesor cepat dan Wi-Fi memastikan segalanya berjalan cepat dan mulus. Mulai dari jelajah Web hingga bermain game. Jaringan koneksi nirkabel Wi-Fi maupun Bluetooth menambah koleksi fitur walau hanya pada versi 2.1. Wi-Fi walau belum mendapat dukungan N di sini, GPS, microUSB port dan jack audio standar 3.5mm. Ada memori internal 2GB dan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Sebagai akses yang memudahkan Anda memantau terus segalanya dengan live update 24/7 dari Facebook dan Twitter, dan melihat email Anda langsung saat diterima. Akses tersebut semuanya berada pada layar depan.

Ponsel seri ini telah menggunakan teknologi layar sentuh untuk interface-nya. Pada layar, yang berukuran 3,2 inci dengan kepadatan mencapai 16 juta warna menambah ketajaman gambar yang dihasilkan. Jadikan sisi luarnya beragam warna yang bisa di ganti sampul yang memiliki tiga sampul yang disertakan, bisa mengekspresikan gaya Anda.

Perambahan kemampuan teknologi yang berkembang mau tidak mau harus menjadi parameter bagi Nokia untuk menjawab tantangan dan persaingan kompetisi yang ketat. Peluncuran produk Nokia 500 merupakan jawaban dari Nokia kepada konsumen yang menghendaki harga miring tetapi kualitas tetap bermutu. "Hal ini merupakan salah satu contoh bahwa Nokia terus melanjutkan kiprahnya dengan pengembangan teknoligi yang sesuai kebutuhan teknologi kekinian terutama Symbian sebagai indikator Nokia dalam memenuhi permintaan pasar," jelas Ilari Nurmi, Vice President Nokia.

Kelebihan lainnya sebagai Auto Navigation & berkomunikasi

Nokia 500 Auto Navigation adalah memudahkan ketika dalam Anda dalam perjalanan sehingga menemukan jalan yang tepat. Sebagai teman perjalanan yang mengasyikkan yang memudahkan segala kebutuhan dan keperluan Anda. Ketika berada dijalan Anda dapat menghibur diri dengan musik, film dan foto Anda.

Selain itu, Anda dapat mendownload buku telepon Anda dari perangkat yang kompatibel dan memangil kontak Anda secara handsfree. Mendapatkan tampilan yang jelas dengan antarmuka Nokia yang intuitif dan layar sentuh 4.3" yang besar. Menandai posisi Anda dan merencanakan rute Anda yang dilakukan oleh Nokia Maps. Menemukan jalan Anda secara mudah dengan panduan suara per tikungan meliputi nama jalan melalui text to speech dan informasi lalu lintas real-time yang terintegrasi (TMC). Tetap di jalur dengan peta 2D/3D, ditambah nomor visual dan tanda. Menikmati fungsi multimedia terintegrasi (video, musik, gambar) saat bepergian, atau memutar lagu Anda melalui radio dengan FM transmitter built in. Memuat banyak musik dan peta dnegan kartu SD sampai 16GB

Penggunaan CPU 1GHz memang belum efektif untuk kinerja ponsel ini. Jika Anda melihat video pada posisi menit 1:31 dalam video, Anda akan melihat News Feed bergulung di Facebook app. Yah, kita dengan jelas dapat melihat beberapa delay/ketidak halusan saat layar bergulung. Baterai Nokia 500 akan memberi waktu Anda sekitar 5-7 jam waktu bicara, 450 + jam dalam modus siaga atau hingga 35 jam pemutaran musik.

selain Nokia, ada symbian merek lain seperti Samsung yang memiliki kelebihan berbasiskan Symbian S60, seri L870. Ponsel berdesain geser ini memiliki bodi slim, dan user interface-nya serupa dengan ponsel-ponsel Nokia N-Series. Samsung L870 juga mendukung jaringan 3,5G HSDPA. Memiliki kamera 3MPx, slot memori eksternal, dukungan multimedia, Radio FM dan bluetooth. Samsung GT-B3410 memiliki konsep desain yang sama yaitu perpaduan teknologi touchscreen dengan QWERTY keyboard. Keduanya pun disematkan berbagai aplikasi jejaring social seperti Facebook.

Untuk urusan desain memiliki konstruksi desain yang sama yaitu side slide, ketika kita membuka slider samping dari kedua ponsel ini maka akan muncul QWERTY keyboard dan secara otomatis orientasi tampilannya pun berubah dari portrait ke posisi landscape. Ukuran keypad Samsung B3410 relatif kecil dengan bahan karet, tombol cenderung empuk, kesat dan enak diakses keypad Samsung lebih nyaman.

Samsung B3410 hanya memiliki kamera 2 megapiksel. Selain kamera ponsel ini pun telah dilengkapi dengan music player, video player danFM radio. Konektivitas Samsung B3410 yang hanya mengandalkan EDGE class 10, dilengkapi dengan Bluetooth yang telah support A2DP. Dan untuk urusan transfer file ponsel ini bisa dilakukan melalui kabel data yang terhubung ke PC.

Related posts