Kenali Risiko dari Sebuah Investasi

Ketika memutuskan untuk berinvestasi, faktor modal bukanlah segala-galanya. Dengan kata lain, seberapa besar modal yang dimiliki akan ludes kalau salah memilih. Karena itu, sebelum menentukannya kenalilah risiko dari setiap jenis investasi agar terhindar dari kebangkrutan.

Hsil yang diharapkan akan selalu beriringan dengan risiko yang harus ditanggung. Karena itu buatlah skema toleransi terhadap risiko. Apabila faktor tersebut diabaikan, maka perencanaan serta pelaksanaannya dapat membuat hidup Anda menjadi tidak tenang akibat risiko yang tidak sesuai dengan toleransi Anda tersebut.

Anda perlu terlebih dahulu mengenal profil investasi Anda. Hal ini merupakan syarat utama dalam menentukan jenis investasi yang menguntungkan dan sesuai untuk Anda. Setiap orang tentu memiliki profil investasi yang berbeda dan gambaran yang berbeda pula dengan tingkat kenyamanan atau toleransi terhadap risiko yang bisa diterimanya.

Dalam berinvestasi, menetapkan jangka waktu untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda miliki merupakan faktor penting untuk menentukan jenis investasi yang sesuai. Jenis investasi yang tepat untuk tujuan jangka panjang biasanya kurang sesuai dengan untuk tujuan jangka pendek, demikian juga sebaliknya.

Karena itu, sebelum berinvestasi pada satu instrumen investasi, Anda perlu mempelajari dan memahami biaya transaksi termasuk pajak yang perlu Anda bayar. Perhitungan imbal hasil untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai adalah berdasarkan imbal hasil bersih setelah dikurangi biaya dan pajak.

Related posts