Dapur Mungil dan Minimalis

NERACA. Dapur merupakan tempat aktifitas kehidupan didalam suatu rumah. Dimana para penghuni melakukan aktifitas pemenuhan kebutuhan hidup yaitu makan. Dalam membuat dan mengolah hingga finishing suatu makanan harus benar-benar sesuai selera yang mengkonsumsinya sehingga bisa dinikmati dengan nikmat.

Dapur minimalis tidak jauh berbeda bila dilihat dari fungsi dengan dapur lainnya karena tujuan dapur merupakan tempat aktifitas untuk memasak. Jadi dapur minimalis lebih menonjolkan pada segi fungsi dan pemanfaatan ruang yang efisien sehingga tidak ada ruang kosong yang tidak terpakai atau tidak digunakan. ”Saya selalu melihat pada tiga dasar dalam menempatkan sesuatunya, yakni fungsi, konstruksi dan estetika,” tutur Chairul Amal Saptono, Anggota profesional Himpunan Desainer Interior Indonesia.

Proses pembuatan makanan dari mengolah, meracik, dan memasaknya hingga selesai adalah kegiatan masak-memasak yang dilakukan di ruang dapur. Maka itulah dapur disebut sebagai tempat aktifitas masak-memasak. Tidak sampai disitu saja, tentunya setelah selesai makanan dihidangkan di ruang makan maka sisa kotoran yang menempel pada perlengkapan dapur seperti piring, gelas, wajan, kompor dan lain sebagainya perlu dicuci untuk membersihkan kotoran sisa bumbu yang menempel pada perlengkapan memasak dan makan. Setelah dibersihkan maka perlengkapan tersebut, disimpan kembali ke tempat penyimpanan seperti rak atau lemari dan kulkas. ”Dapur minimalis minimal harus bisa untuk memanaskan makanan,” menurut Chairul.

Jadi, fungsi dapur sebenarnya merupakan tempat aktifitas pengolahan makanan dan penyajian hidangan sampai membersihkan segala perangkat masak-memasak dan menyimpannya kembali. ”Dapur itu dilihat dari fungsinya harus ada tiga dasar, pertama untuk memasak, kedua untuk menyiapkan makanan dan ketiga untuk mencuci piring dan membersihkan alat-alat memasak,” jelas Chairul.

Chairul menambahkan, ketiga fungsi ini harus ada pada ruang dapur dan dapur terbagi menjadi tiga bagian, yaitu dapur masak seperti tempat kompor sebagai alat yang digunakan untuk memasak/ mengolah bahan mentah menjadi bahan matang. Bagian kedua adalah tempat mencuci piring sangat penting untuk mencuci dan membersihkan semua alat-alat memasak. Kemudian bagian ketiga tempat penyimpanan seperti lemari, rak piring, kulkas beserta perangkat dapur lainnya.

Konsep dapur minimalis merupakan ruangan yang bisa digunakan untuk memasak. Jadi sama bila dilihat dari segi fungsi dengan dapur pada umunya. Hanya yang membedakan dapur minimalis adalah lebih menekankan pada fungsi dan pemanfaatan ruang yang efisien tetapi tidak mengubah fungsi dari dapur itu sendiri. Seperti pada sebuah kamar apartemen yang memiliki keterbatasan ruang yang kecil setidaknya memiliki ruang dapur yang berisi microwave kecil/kompor kecil baik gas atau listrik. Ada tempat penyimpanan lemari kecil, rak kecil, kulkas kecil dan lemari/tempat penyimanan kecil. ”Dapur minimalis adalah dapur yang mengedepankan fungsi dan penggunaan ruang yang efisien sehingga tampak sederhana tetapi berfungsi dengan baik,” jelas Chairul.

Lalu bagaimana dengan segi ventilasi udara? Ventilasi sangat penting dalam suatu ruang tidak terkecuali pada dapur minimalais karena dapur minimalis bergaya sederhana dan mengutamakan fungsi dalam pemanfaatan ruang maka ventilasi udara harus benar-benar tepat pemasangannya. Ventilasi udara merupakan perputaran atau arus sirkulasi udara yang bertujuan memasukkan udara bersih kedalam ruang dan mengeluarkan udara kotor. sehingga udara yang ada didalam ruang tetap bersih dan orang yang berada didalam ruang tersebut merasa nyaman, sejuk dan santai.

Mengingat tujuan dan fungsi ventilasi yang memiliki dampak positif maka penempatan ventilasi ruang didalam dapur minimalis telah menjadi kebeutuhan utama untuk menghindari gejala negatif bagi penghuni yang menepati ruangan tersebut. ”Harus memiliki ruang ventilasi yang baik karena untuk memberikan udara bersih. Apalagi dapur merupakan tempat memasak bahan makanan yang beraroma kuat seperti terasi, ikan asin yang asapnya dapat menempel disekeliling ruang. Bila ada ventilasi yang tepat maka bau tersebut akan cepat hilang karena sirkulasi udara yang baik,” tutur Chairul.

Bila ketiga kriteria dasar di atas dapat terpenuhi maka dapur minimalis akan tampak mungil cantik dan menawan. Siapapun yang berada diruang tersebut menjadi nyaman dan betah untuk berlama-lama dalam ruang tersebut. Apalagi bagi yang hobi memasak tentunya akan selalu timbul ide-ide kreatif untuk menyajikan menu yang terbaik.

Related posts