Membuat Penerangan Alami di Hunian - Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Isu perubahan iklim memang menjadi isu yang cukup meresahkan banyak orang. Perubahan iklim ini sendiri banyak disebabkan kegiatan manusia yang tidak bijak dalam memanfaatkan energi, yang akhirnya dapat merusak bumi dan membuat perubahan iklim. Isu perubahan iklim ini sendiri yang akhirnya membawa sebagian orang untuk mengubah pola hidupnya untuk mengurangi dampak perubahan iklim ini.

Penerangan alami menjadi salah satu trend yang kini banyak diterapkan dihunian-hunian modern, selain mampu menghemat penggunaan energi, kita juga dapat mengurangi dampak perubahan iklim. Tentunya, dengan sistem pencahayaan alami akan membuat penghuni sebuah hunian menjadi lebih sehat.

Biasanya masyarakat kita lazim menggunakan jendela untuk membuat sisitem pencahayaan yang baik. Selain jendela, juga bisa dengan menggunakan skylight. Skylight sendiri, adalah ventilasi atau bukaan pada atap hunian tinggal yang digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan dalam hunian tinggal.

Selain menjadi jalan memasukkan cahaya alami, skylight juga menghadirkan indahnya pemandangan langit baik siang ataupun malam. Skylight biasanya berupa jendela kaca yang ditempatkan di langit-langit hunian tinggal.

Kacanya penutupnya bisa dipasang terkunci atau bisa dibuka untuk ventilasi udara. Jadi selain cahaya alami, skylight dengan kaca yang bisa dibuka tutup membiarkan udara alami mengalir ke dalam ruangan.

Sayangnya, dengan adanya bukaan seperti jendela ini di atap hunian memungkinkan air hujan untuk bisa menembus celah-celah. Untuk itu, sebaiknya buat skylight berbentuk jendela yang ketika ditutup tidak akan mampu ditembus air hujan.

Sebagian kalangan malah berfikir lain, bagi mereka skylight untuk menjadi elemen tambahan untuk memperindah hunian. Skylight dapat digunakan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur.

Nah kalau untuk dapur penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling cocok diaplikasikan, sebab bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur. Sehingga asap saat masakan dapat keluar melalui skylight.

Namun beda ruangan beda pula pemanfaatan skylight, untuk dapur telah dijelaskan bagaimana manfaat skylight terbuka. Untuk kamar mandi, skylight berfungsi mengurangi kelembaban dalam ruangan. Pasalnya, sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kelembaban yang ada di kamar mandi, sekaligus memberi penerangan.

Sementara itu, untuk kamar tidur skylight juga bisa diaplikasikan, tentunya itu bagi kita yang ingin menikmati indahnya langit pada malam hari. Sambil menghitung bintang kita pun akan tertidur pulas dan nyenyak.

BERITA TERKAIT

Jabar Segera Membuat Perda Sawah Abadi

Jabar Segera Membuat Perda Sawah Abadi NERACA Tasikmalaya - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang…

Menko Maritim - OSS Kurangi Korupsi

Luhut Binsar Pandjaitan Menko Maritim OSS Kurangi Korupsi  Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menilai…

Tahun Politik Berikan Dampak Positif IHSG

NERACA Solo – Momentum politik seiring dengan pemilihan calon presiden dan anggota legislatif, diyakini tidak terlalu banyak berdampak terhadap industri…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Banten Jadi Pilihan Bagi Penglaju Mencari Rumah

Banten Jadi Pilihan Bagi Penglaju Mencari Rumah NERACA Jakarta - Riset Indonesia Property Watch (IPW) mengungkapkan sebagai daerah yang berbatasan…

SouthCity Bangun Apartemen Berkonsep

SouthCity Bangun Apartemen Berkonsep "Coliving" Jaring Milenial NERACA Tangerang Selatan - SouthCity pengembang superblok di kawasan Pondok Cabe Tangerang Selatan…

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam NERACA Batam - Pengembang properti PT Pollux Barelang Megasuperblok– perusahaan kolaborasi antara…