Membuat Penerangan Alami di Hunian - Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Isu perubahan iklim memang menjadi isu yang cukup meresahkan banyak orang. Perubahan iklim ini sendiri banyak disebabkan kegiatan manusia yang tidak bijak dalam memanfaatkan energi, yang akhirnya dapat merusak bumi dan membuat perubahan iklim. Isu perubahan iklim ini sendiri yang akhirnya membawa sebagian orang untuk mengubah pola hidupnya untuk mengurangi dampak perubahan iklim ini.

Penerangan alami menjadi salah satu trend yang kini banyak diterapkan dihunian-hunian modern, selain mampu menghemat penggunaan energi, kita juga dapat mengurangi dampak perubahan iklim. Tentunya, dengan sistem pencahayaan alami akan membuat penghuni sebuah hunian menjadi lebih sehat.

Biasanya masyarakat kita lazim menggunakan jendela untuk membuat sisitem pencahayaan yang baik. Selain jendela, juga bisa dengan menggunakan skylight. Skylight sendiri, adalah ventilasi atau bukaan pada atap hunian tinggal yang digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan dalam hunian tinggal.

Selain menjadi jalan memasukkan cahaya alami, skylight juga menghadirkan indahnya pemandangan langit baik siang ataupun malam. Skylight biasanya berupa jendela kaca yang ditempatkan di langit-langit hunian tinggal.

Kacanya penutupnya bisa dipasang terkunci atau bisa dibuka untuk ventilasi udara. Jadi selain cahaya alami, skylight dengan kaca yang bisa dibuka tutup membiarkan udara alami mengalir ke dalam ruangan.

Sayangnya, dengan adanya bukaan seperti jendela ini di atap hunian memungkinkan air hujan untuk bisa menembus celah-celah. Untuk itu, sebaiknya buat skylight berbentuk jendela yang ketika ditutup tidak akan mampu ditembus air hujan.

Sebagian kalangan malah berfikir lain, bagi mereka skylight untuk menjadi elemen tambahan untuk memperindah hunian. Skylight dapat digunakan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur.

Nah kalau untuk dapur penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling cocok diaplikasikan, sebab bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur. Sehingga asap saat masakan dapat keluar melalui skylight.

Namun beda ruangan beda pula pemanfaatan skylight, untuk dapur telah dijelaskan bagaimana manfaat skylight terbuka. Untuk kamar mandi, skylight berfungsi mengurangi kelembaban dalam ruangan. Pasalnya, sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kelembaban yang ada di kamar mandi, sekaligus memberi penerangan.

Sementara itu, untuk kamar tidur skylight juga bisa diaplikasikan, tentunya itu bagi kita yang ingin menikmati indahnya langit pada malam hari. Sambil menghitung bintang kita pun akan tertidur pulas dan nyenyak.

BERITA TERKAIT

Komitmen BEI Permudah Persyaratan Pencatatan - Siapkan Perubahan Peraturan

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan transaksi dan emiten di pasar modal lebih agresif lagi, pihak PT Bursa Efek Indonesia (BEI)…

Fraksi PAN Sukabumi Sesalkan SILPA Masuk di APBD Perubahan 2018

Fraksi PAN Sukabumi Sesalkan SILPA Masuk di APBD Perubahan 2018 NERACA Sukabumi - Fraksi Amanat Nasional (PAN) Kota Sukabumi menyayangkan…

Pemerintah & DPR Sepakat Kurs Rp 14.500 per US$ - PERUBAHAN ASUMSI MAKRO EKONOMI RAPBN 2019

Jakarta-Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR akhirnya sepakat untuk mengubah kembali asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi Rp14.500 dari…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Separuh Generasi Milenial Tinggal di Kos - Survei IPW

Separuh Generasi Milenial Tinggal di Kos Survei IPW NERACA Jakarta - Survei Indonesia Property Watch (IPW) terhadap generasi milenial menunjukkan…

JRP Rampungkan Lebih Cepat Bintaro Plaza Residence

JRP Rampungkan Lebih Cepat Bintaro Plaza Residence   NERACA Tangerang Selatan - PT Jaya Real Property Tbk berhasil merampungkan lebih cepat…

Mitsubishi: Mulai Ada Tren Lift di Perumahan

Mitsubishi: Mulai Ada Tren Lift di Perumahan NERACA Jakarta - Presiden Direktur PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator, Christian Satrya…