JFX Cabut Anggota Bursa Rex Capital Futures

Rabu, 26/11/2014

NERACA

Jakarta- Jakarta Futures Exchange (JFX) mencabut Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB) PT Rex Capital Futures (RCF). Sebelumnya, perusahaan telah membekukan SPAB PT Axo Capital Futures. Informasi tersebut disampaikan JFX dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (25/11).

Disebutkan, pencabutan SPAB RCF ini terhitung efektif sejak 20 November 2014 lalu pukul 24.00 WIB. Sejalan dengan pencabutan ini, RCF berkewajiban untuk memenuhi ketentuan PTT Bursa Pasal 108 dan 505 ayat (3) yakni RCF kehilangan semua Hak Keanggotaan Bursanya dan tidak diperkenankan mengakses JAFeTS.

Sedangkan posisi terbuka milik nasabah RCF (jika ada) harus dialihkan ke pialang lain yang bersedia menerimanya. Dijelaskan, dalam hal pengalihan posisi terbuka milik nasabahnya karena alasan tertentu tidak dapat dilaksanakan, maka Direksi JFX dapat memerintahkan untuk melikuidasi semua posisi terbuka tersebut. Kerugian yang ditimbulkan oleh pelaksanaan likuidasi tersebut menjadi beban RCF.

Pencabutan keanggotaan Bursa ini, tidak menghilangkan semua kewajiban keuangan yang timbul kepada Nasabah, Bursa, Lembaga Kliring, dan pihak lainnya dalam pelaksanaan kegiatan perdagangan berjangka melalui Bursa serta tidak menghapus konsekuensi yang timbul atas pelanggaran yang pernah dilakukan oleh RCF (apabila ada).

Kemudian kepada para nasabah, JFX menghimbau untuk memonitor status dan proses penyelesaian posisi terbuka dan rekening masing-masing. Sekadar informasi, putusan pencabutan ini telah dimuat dalam surat JFX yang ditujukan pada Direksi PT Rex Capital Futures nomor L/JFX/DIR/11-14/839, perihal Pencabutan Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB) PT Rex Capital Futures yang dilayangkan pada Kamis, 20 November.

Surat ini merupakan tindak lanjut dari surat Bappebti No. 09/BAPPEBTI/KEP-PENCABUTAN/SA/11/2014 tanggal 20 November 2014 Tentang Pencabutan Izin Usaha Untuk Menyelenggarakan Kegiatan Sebagai Pialang Berjangka Atas Nama PT Rex Capital Futures dan surat PT Bursa Berjangka Jakarta atau JFX No. L/JFX/DIR/08-14/600 tanggal 19 Agustus 2014 perihal Pembekuan SPAB PT Rex Capital Futures. (bani)