Jasa Marga Cari Pinjaman Rp 2,8 Triliun

Rabu, 26/11/2014

Bangun jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana menjajaki pinjaman sekitar Rp 2,8 triliun dan targetnya, pinjaman tersebut sudah bisa dikantungi pada kuartal pertama tahun 2015, “Sebelum menjajaki pinjaman tersebut, perseroan akan menyelesaikan pembentukan perusahaan patungan (joint venture/JV) bernama PT Jasamarga Kualanamu Tol. Pembentukan JV tersebut sedang tahap finalisasi,”kata Direktur Keuangan Jasa Marga, Reynaldi Hermansyah di Jakarta, kemarin.

Dirinya menuturkan, saat ini pembentukan JV sedang tahap penyelesaian administrasi pembentukan badan hukum dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Pada 23 September 2014, Jasa Marga resmi memimpin konsorsium pekerjaan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II. Dalam proyek ini, Jasa Marga mengantongi 55 persen saham, sedangkan PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) dan PT Hutama Karya masing-masing 15 persen. Ruas Medan-Kualanamu-TebingTinggi sepanjang 60 kilometer (km) ini memiliki nilai investasi sekitar Rp 4 triliun.

Menurut Reynaldi, pembebasan lahan ruas jalan tol ini sudah mencapai 75%. Perseroan optimistis pembangunan jalan tol akan sesuai rencana. Sementara itu, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perseroan akan antusias aktif berpartisipasi dalam tender-tender jalan tol yang digelar pemerintah. (bani)