Jaya Ancol Berniat Gelar Rights Issue

Rabu, 12/11/2014

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tengah mengkaji rencana aksi korporasi di pasar modal seperti rights issue pada 2015. Adapun dananya akan dipergunakan untuk mendukung ekspansi bisnis seperti pengembangan tempat rekreasi dan properti.

Namun, perusahaan belum menjelaskan berapa besar nilai dana yang diincar dari rights issue tersebut, karena rencana itu baru kajian semata,”Kebutuhan ekspansi kami diperkirakan akan besar pada tahun depan. Selama ini, sumber pendanaan ekspansi perusahaan disumbang dari kas internal dan pinjaman bank. Kami sedang mengkaji untuk mencari pendanaan melalui pasar modal (rights issue),” kata Direktur Utama, Jaya Ancol, Gatot Setyowaluyo, di Jakarta, kemarin.

Menurut Gatot, perusahaan memiliki rencana strategis pengembangan bisnis rekreasi untuk pada 2014-2020 yang berfokus pada pengembangan Indoor Dunia Fantasi pada lokasi ex. Rama-Shinta. Proyek yang sudah terealisasi yaitu wahana Flume Ride 3D Immersion Tunnel Ice Age dan akan dilengkapi dengan Hello Kitty, dan Kiddies Rides. Selain Indoor Dunia Fantasi, perusahaan juga tengah membangun New Hotel Putri Duyung Ancol, hotel bintang 4 berlokasi di tepi laut yang akan dikelola oleh Marriot, dan direncanakan selesai pada 2016.

Adapun proyek rekreasi lain yang akan dikerjakan perusahaan adalah Dufan Ocean theme park yang terinspirasi dari Disney Sea Tokyo Jepang dan dilengkapi dengan thematic apartement comple dan condotel and hotel complex. Selain segmen rekreasi, perusahaan juga akan menggenjot peningkatan pendapatan di bidang usaha properti. Untuk periode 2014-2020, perusahaan akan mengembangkan sejumlah proyek yaitu Apartemen Northland, Jaya Ancol Searfont, Ocean Breeze, dan Coasta Villa. (bani)