Datangkan Pelari Profesional Mancanegara

Jakarta Marathon 2014

Sabtu, 08/11/2014

Kompetisi lari Jakarta Marathon 2014 sukses digelar. Lebih dari 14 ribu pelari berhasil mencapai garisfinishdan bersaing untuk menjadi yang tercepat di ajang tahunan yang telah menjadi ikon event Kota Jakarta tersebut. Jumlah pelari yang terdaftar pada lima nomor yang dilombakan adalah:full marathon2.150 peserta,half marathon3.425 peserta, 10k 5.125 peserta, 5k 2.950 peserta dan Maratoonz 470 peserta.

Tercatat sebanyak 976 pelari internasional dari 47 negara ikut berpartisipasi. Mayoritas berasal dari Jepang dengan total pelari sebanyak 400 orang. Lainnya berasal dari Australia, Cina, Hong Kong, Taiwan, Inggris, Amerika Serikat, India, Filipina, dan Singapura. Jakarta Marathon 2014 begitu istimewa karena turut diikuti oleh lima atlet lari nasional yaitu Agus Prayogo, Hendro, Atjong Tio, Mery Paijo, dan Erni Ulatningsih.

Pelari profesional asal mancanegara pun tak mau kalah, Philemon Kipchilat dan Hillary Khipchirchir asal Kenya ikut ambil bagian. Keseluruhan pelari meninggalkan garisstartpada pukul 05.00. Satu per satu kemudian menyentuh garis finish dan menghasilkan nama-nama pemenang di bawah ini. Saat acara bertaraf internasional itu berlangsung maka beberapa jalan-jalan besar di Jakarta segera ditutup demi kelancaran kompetisi lari akbar tersebut.

Ruas jalan yang ditutup mulai Silang Monas Barat Daya hingga Jalan MH Thamrin. Selain itu jalan lain yang mengalami penutupan seperti Jalan Imam Bonjol hingga Silang Barat Daya. Jakarta Marathon 2014 juga diharapkan dapat menjadi titik tolak masyarakat meningkatkan gairah untuk berolahraga, serta menjadikan Jakarta sebagai destinasisport tourismkelas dunia.

Pengunjung berkumpul di Monumen Nasional (Monas) untuk menikmati seluruh rangkaian acara Jakarta Marathon 2014, termasuk penampilan DJ. Pemanasan dan berkumandangnya Lagu Indonesia Raya untuk mengawali kompetisi yang berlangsung di sini. Ikut pula ditampilkan Solo Batik Carnival dan Karnaval Ondel-Ondel, tidak ketinggalan pula rampak gendang dan gambang kromong pada acara Jakarta Marathon 2014.