XL Mulai Operasikan Layanan 4-G LTE

Menjawab kebutuhan pasar dan pelanggan akan kebutuhan layanan internet yang cepat, operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk menggelar uji coba layanan seluler 4G-LTE (Long Term Evolution) pertama di Indonesia dengan layanan internet kecepatan tinggi hingga 100 Mbps.

Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk, Hasnul Suhaimi mengatakan, peluncuran layanan mobile 4G-LTE ini sejalan dengan spirit XL untuk selalu menjadi operator yang terdepan dalam berinovasi menyediakan layanan bagi masyarakat,”Nantinya melalui layanan internet berkecepatan tinggi dengan teknologi 4G-LTE ini secara bertahap akan diperluas ke beberapa kota lainnya di luar Jakarta,”katanya di Jakarta, kemarin.

Dia menambahkan, untuk memasyarakatkan layanan 4G-LTE, XL akan membangun ekosistem pendukungnya seperti penyediaan ponsel yang mampu beroperasi di jaringan 4G-LTE seperti Sony Mobile, Intel Corporation, LG Mobile, HTC, Nokia (Microsoft), Huawei, Speedup, BlackBerry, dan Qualcomm.

Adapun nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G-LTE ini berkisar Rp3 miliar yang dialokasikan dari keseluruhan nilai investasi XL tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp7 triliun.

LTE merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi ke-4 ini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, efisiensi jaringan, coverage layanan. Saat ini, pelanggan layanan data/internet XL mencapai sekitar 32 juta atau 51% dari total pelanggan sekitar 62,9 juta. XL memiliki jaringan infrastruktur fiber optic sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 47 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. (bani)

Related posts