Infrastruktur dan Risiko Mudik

Menjelang Lebaran yang semakin dekat, pemerintah serasa tergesa untuk penyiapan kemulusan infrastruktur jalan. Ini menunjukkan realitas tersendiri tentang budaya sikap pemeliharaan yang bergantung pada momen. Begitulah rutinitas setiap tahun, selalu berulang pemerintah mencoba memberikan pelayanan prima di semua sektor jasa. Yang paling terasa, menyiapkan agar ruas jalan-jalan nasional, jalan provinsi, dan jalur-jalur alternatif siap untuk dilewati arus ribuan kendaraan pemudik.

Di satu sisi, itulah ungkapan pelayanan publik yang merupakan tanggung jawab pemerintah kepada rakyatnya. Sifat kolosal tradisi mudik memang membutuhkan mobilisasi pelayanan, bahkan terkesan konsentrasi pelayanan itu menjadi ”puncak” pekerjaan dalam siklus kinerja satu tahun. Padahal idealnya infrastruktur itu selalu siap pada sepanjang tahun, sepanjang waktu.

Bisa jadi model ”proyek pekerjaan ” itu dilatarbelakangi oleh penjadwalan anggaran pemeliharaan dan peningkatan mutu jalan. Di sisi lain, kualitas infrastruktur sejatinya tak hanya terkonsentrasi sebagai tuntutan dalam masa-masa mudik. Logikanya, sarana dan prasarana yang berkualitas akan menopang kebutuhan kenyamanan mobilitas sehari-hari warga masyarakat, dan yang tak kalah penting sebagai bagian dari daya tarik investasi, termasuk syarat penunjang industri pariwisata.

Ruas-ruas jalan yang merupakan urat nadi sosial-ekonomi rakyat selalu membutuhkan perawatan, karena pastilah muncul kondisi-kondisi yang memicu kerusakan. Rutinitas pemeliharaan dan peningkatan semestinya disikapi sebagai kesadaran peran vitalnya pemerintah. Bila sarana dan prasarana itu selalu berada dalam kondisi terpelihara, bahkan ditingkatkan kualitasnya, maka tak akan muncul kesan mobilisasi pemeliharaan seperti itu.

Kemulusan ruas jalan, bagaimanapun merupakan salah satu cermin budaya kesiapan pelayanan publik. Memang setiap daerah punya persoalan masing-masing dalam pemeliharaan dan peningkatan mutu infrastruktur transportasi, namun kita berharap saatnya nanti jalur-jalur utama yang mengemban banyak fungsi penyejahteraan rakyat selalu siap mengakomodasi sepanjang waktu.

Sementara itu, berbagai ajakan dan imbauan untuk selalu berhati-hati terutama kita tujukan untuk para pemudik bersepeda motor. Dalam kondisi cuaca cerah saja pengendara motor harus waspada, apalagi di tengah derasnya arus mudik sekarang ini. Sangatlah berisiko memaksakan perjalanan jauh keluar kota. Indikator risiko itu menyangkut kondisi jalan yang membahayakan, jarak pandang, hingga masalah daya tahan fisik.

Secara bergelombang sejak pekan ini, ribuan pemudik bersepeda motor sudah keluar dari Jakarta. Imbauan dan berbagai regulasi untuk memperketat pemudik bermotor sudah disampaikan, namun agaknya moda ini dipilih karena dirasakan paling praktis dan ekonomis. Berbagai kalkulasi risiko terkalahkan oleh keinginan bisa berlebaran di kampung halaman secara lebih murah ketimbang dengan menggunakan moda transportasi lainnya.

Berbagai upaya pemartabatan pemudik, bagaimanapun sudah dilakukan lewat sejumlah langkah. Namun langkah-langkah penyempurnaan dari sisi ketercukupan fasilitas angkutan massal maupun manajemennya, tentu menjadi pekerjaan yang tak akan pernah selesai. Yang penting, dalam kondisi sekarang, bagaimana memaksimalkan manajemen pelayanan bagi pemudik dan meminimalkan risikonya. Ini tanggung jawab pemerintah.

BERITA TERKAIT

Kerusakan Jalan dan Tanggul Air di Tambun Utara

Dekat dengan Jembatan Besi penghubung Kota Bekasi dan Kab Bekasi. Akibat longsor karena derasnya aliran sungai DAS Cikeas dan Cileungsi yang…

Infrastruktur Gas untuk Kemandirian Energi Nasional

  NERACA Jakarta - Pembangunan infrastruktur gas yang memadai ke seluruh daerah di Indonesia dengan didukung alokasi anggaran yang mencukupi…

Manfaat Integrasi dan Pertukaran Data Perpajakan bagi DJP

Oleh: Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerja Sama dan Humas, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wajib Pajak Besar Saat ini Kanwil…

BERITA LAINNYA DI OPINI

Kebijakan Impor Belum Signifikan Turunkan Harga Beras

Oleh: Budi Santoso Pasokan beras impor secara bertahap mulai memasuki gudang Perum Bulog dan sampai saat ini tercatat 57.000 ton…

Putusan Mahkamah yang Dinilai Aneh

Oleh: Maria Rosari Beberapa waktu lalu Mahkamah Konstitusi (MK) memutus tiga perkara permohonan uji materi atas pasal 79 ayat (3)…

Kembalinya Debitur Sontoloyo

Oleh: Eko B. Supriyanto, Pengamat Perbankan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan berulang-ulang mempersoalkan masalah wait and see dunia usaha.…