Kesal Jalan Dibiarkan Rusak, Warga Tanam Pohon Pisang dan Ikan

Kamis, 25/08/2011

Warga Kampung Purabaya, RW 03, Desa Jayamekar, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat (KBB) menyulap lubang-lubang di Jln. G.A. Manulang menjadi kolam ikan lele dan kebun pisang. Aksi ini dipicu kekesalan atas kondisi jalan yang tak kunjung diperbaiki.

Buruknya kondisi jalan tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengendara sepeda motor, tapi juga bagi warga yang tinggal di sekitarnya. Warga mengeluhkan debu sepanjang kemarau ini. Sebaliknya pada musim hujan lubang-lubang jalan berubah menjadi kubangan.

Pengaspalan pernah dilakukan namun tidak bertahan lama. Badan Jln. G.A. Manulang cepat rusak salah satunya akibat bobot kendaraan yang melintas. Diperkirakan setiap hari 300 truk pasir melintasi jalan tersebut, ditambah dengan buruknya drainase.

Ketua RW 03, Zaenal Arif mengatakan, sudah lima tahun Jln. GA. Manulang dibiarkan rusak. Beberapa kali warga memblokir, namun belum ada tanggapan serius. Jalan sepanjang lebih dari 3 km tersebut belum sepenuhnya diperbaiki.

"Tinggal 500 meter yang rusak dan kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan bisa membahayakan," kata Zaenal Arif, Minggu (21/8) lalu.