Listrik Mati Lebih 10 Jam

Selasa, 07/10/2014

Pada Minggu (5 Okt.) Pk. 19.00 aliran listrik PLN di wilayah perumahan Irigasi Danita RW 14 Bekasi Jaya, Bekasi Timur, tiba-tiba padam tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dari PLN Bekasi. Kami pikir ada gangguan teknis yang mungkin dalam waktu 1-2 jam kemudian akan menyala menyala kembali.

Namun waktu terus berjalan hingga Pk. 10.15 keesokan harinya (Senin, 6 Okt.) listrik baru menyala kembali. Ketika kami telepon customer service 123 saat listrik mati dijawab ada gangguan pada tegangan menengah penjulang 20 KVA, tetapi tidak dijelaskan dimana lokasi kerusakan itu terjadi.

Terus terang sebagai pelanggan PLN, kami sangat kecewa dengan pelayanan seperti ini. Khususnya PLN Bekasi dapat lebih terbuka lagi menjelaskan ke publik, adalah penyebab terjadinya gangguan tersebut. Pasalnya, pemadaman listrik lebih dari 10 jam telah membuat sebagian isi kulkas menjadi basi alias tidak bisa dikonsumsi.

Sudah saatnya YLKI dan Ombudsman untuk membuat aturan pemadaman listrik, apabila lebih dari 2 jam maka PLN wajib memberikan kompensasi kerugian kepada pelanggan. Lain halnya jika pemadaman dilakukan sesuai perencanaan yang umumnya didahului dengan pengumuman kepada pelanggan, itu merupakan perkecualian.

Betty Siregar, Bekasi Jaya