IIMS Menjadikan Pertarungan ATPM Kian Panas - Ajang IIMS 2014

Perhelatan bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 sudah di 'pelupuk' mata. Pameran otomotif terbesar di Tanah Air yang digelar ke-22 kalinya itu dipastikan akan menyuguhkan berbagai kendaraan-kendaraan inovatif yang syarat teknologi terbaru.

NERACA

Tak heran jika kemudian acara yang bakal digelar 18-28 September di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat itu kian dinanti para pemburu mobil dan pecinta otomotif, baik dalam, maupun luar negeri.

"Pameran kendaraan tahunan ini bukan sebagai ajang jualan semata, namun memperlihatkan teknologi industri otomotif dalam negeri. Tujuannya agar pasar luar negeri bisa tahu, bahwa perkembangan teknologi industri otomotif Indonesia sudah meningkat signifikan," terang ketua gaikindo, Sudirman MR.

Dirinya berharap, dengan adanya IIMS ini akan membantu jualan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Tanah Air. Hingga akhir tahun, pihaknya berharap penjualan mobil dapat memenuhi target, yakni sebanyak 1.250.000 unit, atau meningkat sekitar dua-tiga persen dibandingkan 2013 lalu, 1.229.000 unit.

"Dari target sebanyak 1.250.000 unit, diperkirakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menyumbangkan penjualan sekitar 30%, dan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) sebesar 15 %," tuturnya.

Sudirman juga menyatakan, peserta IIMS 2014 diikuti 36 merek kendaraan. Seluruh merek terdiri dari 29 kendaraan penumpang dan tujuh kendaraan komersial. "Apabila tidak ada keterbatasan lahan, maka peserta yang ikut akan lebih banyak," ujarnya.

Perang gengsi sedan Jepang

Meskipun MPV atau minibus merupakan bentuk mobil yang paling laris di Indonesia, namun tidak membuat pasar sedan Tanah Air minim persaingan. Di IIMS 2014 nanti, sudah ada sejumlah pabrikan mobil yang siap menyodorkan model terbaru, serta perubahan ringan.

Persaingan pun diprediksi tidak bakal kalah panas dengan segmen mobil lainnya; seperti hatchback, city car, SUV (Sport Utility Vehicle), dan MPV.

Beberapa sedan yang bakal "unjuk gigi" di antaranya datang dari Negeri Sakura, Jepang. Sebagai mobil yang menjadi primadona di kalangan masyarakat, sejumlah produsen menyatakan sudah menyiapkan bomber-bomber andalannya.

Seperti halnya Honda yang bakal memperkenalkan Honda Civic terbaru. Mobil ini dikatakan akan mengalami sedikit penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya.

"Untuk Civic itu nanti ada pembaruan sedikit, ada perubahan nanti

kita perkenalkan di IIMS," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Menurut Jonfis, langkah-langkah semacam facelift kini kian rutin dilakukan untuk sejumlah lini produk demi menciptakan penyegaran di mata konsumen.

Lebih jauh disebutkan Jonfis, pembaruan pada Civic hanya akan merambah sektor eksterior dan interiornya saja. Terkait dapur pacu, Jonfis enggan berkomentar lebih jauh.

Namun, melihat siklus produksinya yang belum lama diluncurkan di Indonesia, sektor mesin sepertinya masih akan dipercayakan pada mesin berkapasitas 1,8 liter dan 2,0 liter berbahan bakar bensin.

Toyota juga akan menghadirkan sedan ramah lingkungan yang masih berupa konsep, yakni FCV.

Vice President Director TAM, Suparno Djasmin, menyatakan, meski FCV berbahan hidrogen, sedan ini mengusung teknologi hybrid yang dapat mengisi tenaga dan disimpan menggunakan baterai yang diubah menjadi tenaga listrik.

Toyota FCV dilengkapi lampu utama berteknologi LED, daytime running lights (DRL), bumper depan dan gril besar, ditambah lubang udara besar dan lampu kabut warna merah.

"Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 10 detik. FCV juga sanggup menempuh jarak hingga 482 kpj. Namun untuk memproduksinya, harus ada ketersedian infrastruktur dan dukungan pemerintah," ujar Suparno.

Subaru

Produsen mobil yang diambil dari nama gugus bintang ini tak mau ketinggalan untuk larut dalam euforia IIMS 2014.

Subaru menyatakan akan menampilkan jajaran produk terbaiknya, salah satunya ialah sedan Subaru WRX STI.

"Kami akan memberikan kejutan dengan menghadirkan model terbaru. Dalam motor show (IIMS) nanti, kita akan meluncurkan Subaru WRX STI," ujar Tjahjadi Nirjana, Deputy GM Sales Subaru Indonesia.

Lebih lanjut Tjahjadi mengatakan, Subaru WRX STI merupakan sedan sport berperforma dahsyat dari Subaru. Model ini akan menjadi pesaing model BMW dan Mercedes-Benz yang berada satu kelas.

Mobil ini diketahui memang merupakan tipe mobil sedan sport tertinggi yang dimiliki Subaru saat ini. WRX STI hadir dengan mesin baru yang dipasang dalam rangkanya. WRX dijejali mesin dengan kapasitas 2.0 liter turbocharge lengkap di dalamnya dengan empat silinder dan mengusung teknologi injeksi.

Sistem injeksi dari mobil Subaru WRX STI 2014 ini juga langsung disatukan dengan sistem transmisi enam percepatan CVR. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh varian mobil sedan sport dari Subaru ini adalah mampu mengeluarkan energi sebesar 271 PS dan torsi puncak sebesar 350.

Desainnya sendiri hadir lebih prima ketimbang versi terdahulunya. Tentunya, poin ini akan menambah nilai plus dari spesifikasi Subaru WRX STI 2014.

"Untuk detilnya nanti datang saja ke booth IIMS, kami akan membuka detil dan juga harganya," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Kian digemari, Gigit Usaha Camilan Dimsum

Kudapan dimsum sudah populer di lidah masyarakat Indonesia. Teksturnya yang kenyal dan lembut berpadu dengan rasa gurih, membuat makanan khas…

Bisnis Yang Bakal Kian Ngehits di Tahun2018

Peluang bisnis dan usaha masa kini yang memiliki prospek cukup menjanjikan dan bak kian ngehits di tahun 2018. tentunya tidak…

IMBEX 2017 Ajang Promosi Karya Anak Bangsa

  NERACA   Jakarta - Ajang pameran mainan dan produk bayi atau Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo 2017 (Imbex…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Pengembangan Kendaraan Pedesaan Butuh Sinergi

Kementerian Perindustrian menekankan perlunya langkah sinergi di antara pemangku kepentingan terkait dalam akselerasi pengembangan kendaraan pedesaan di Indonesia. Upaya ini…

Konsumsi BBM Honda Mobilio Tembus 24,1 Km/Liter

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Honda Mobilio menembus 24,1 km/liter dalam ajang lomba efisiensi yang diikuti komunitas, calon pembeli, dan…

Ford Gandeng Alibaba Pacu Penjualan Lewat E-commerce

Alibaba Group Holding menandatangani kesepakatan dengan produsen mobil Amerika, Ford Motor Co, terkait kerja sama di bidang teknologi komputasi, konektivitas…