Menapaki Sisa-sisa Sejarah Peradaban Islam - Wisata Kota Cirebon

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kota Cirebon memiliki memiliki berbaga tempat-tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sangat saying bila terlewatkan. Jika Kita berkunjung ke Cirebon, akan ada banyak hal yang Kita bisa lakukan di sini. Kemungkinan besar perjalanan satu hari untuk mejelajah daerah Cirebon tidak akan cukup.

Jika Kita pecinta wisata keraton ada 4 keraton yang bisa Kita kunjungi yakni Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabon. Semuanya memiliki arsitektur gabungan dari elemen kebudayaan Islam, Cina, dan Belkita. Bangunan Keraton di Cirebon selalu menghadap ke arah utara mempunyai alun-alun, pasar dan patung macan di taman sebagai lambang Prabu Siliwangi. Dindingnya dihiasi piring porselen asli Tiongkok sedangkan beberapa piring berasal dari Eropa saat Cirebon manjadi pelabuhan pulau Jawa.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon bila tidak berkunjung ke Taman Air Sunyaragi. Taman indah memiliki teknologi pengaliran air yang sangat canggih pada masanya. Dahulu kala, air mengalir di teras-teras di tempat para putri raja bersolek, halaman rumput hijau tempat para kesatria berlatih, ditambah menara dan kamar istimewa yang pintunya terbuat dari tirai.

Selain itu ada juga tempat-tempat peninggalan bersejarah yang lain seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa, kelenteng kuno, dan Makam Sunan Gunung Jati. Berikut ini beberapa tempat wisata lainya yang sayang sekali bila terlewatkan seperti Taman Ade Irma Suryani, Wisata Keliling Kota dengan Becak khas Cirebon, Gedung BI Cirebon, Stasiun Kejaksan, Pabrik BAT, Mesjid Agung Sang Cipta Rasa, Mesjid Bata Merah Atau Panjunan, Komplek Pemakaman Gunung Jati di Gunung Sembung, 15 km barat kota. Kita juga bisa mengunjungi tempat Napak Tilas Jejak Wali Songo Kota Cirebon.

Bertandang ke Cirebon tidak pas rasanya bila Kita tidak mencobaSega Jamblangatau nasi jamblang (nasi yang dibungkus daun jati) dan menjajal makanan khas Cirebon lainya sepertitahu gejrot, tahu goreng dengan taburan gula merah, usus sapi rebus, sup empal gentong. Ada jugaSega Lengkoatau nasi lengko, nasi vegetarian dengan tahu dan tauge. Tempe mendoan, yaitu tempe yang dilapisi adonan yang digoreng.Intipyaitu makanan ringan manis dari beras.

Lidah Kita juga harus mencicipikerupuk mlaratatau disebut juga"kerupuk miskin". Keripik yang terbuat dari tepung tapioka dan digoreng dengan pasir panas dan bukan minyak. Emping berukuran besar (kerupuk dari melinjo). Ada satu lagi yang harus Kita coba sirupTjampolayrasa pisang atauframbozendibubuhi es batu rasanya sangat nikmat.

Berkeliling di Cirebon dapat menggunakan beberapa kendaraan yang mudah ditemui di daerah ini, ada angkot, taxi dan becak wisata yang pengayuhnya bisa memandu Kita berwisata berkeliling di Cirebon, becak ini khusus di galakan oleh Pemerintah Daerah Cirebon sendiri. Ada banyak oleh-oleh yang Kita bisa dapatkan untuk dibawa pulang. Bertkitanglah ke toko-toko ini maka Kita akan puas berbelanja oleh-oleh di Cirebon.

Ada kampong Batik, di kampung trusmi kawasan Plered, Cirebon. Untuk mencapainya, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Cirebon. Kita juga bisa mengunjungi pusat Oleh-Oleh Kanoman, salah satu pusat penjualan oleh-oleh makanan di Cirebon terletak di kawasan Kanoman. Di sini ada salah satu toko yang cukup terkenal dengan jenis manisannya.

BERITA TERKAIT

Pemkot Sukabumi Bangun 34 Kios Wisata Kuliner - Dapat Dana CSR dari BJB

Pemkot Sukabumi Bangun 34 Kios Wisata Kuliner Dapat Dana CSR dari BJB NERACA Sukabumi - PT. Bank Jabar Banten (BJB)…

Pembangunan GOR Kota Sukabumi Butuh Suntikan Anggaran Rp5 Miliar Lagi

Pembangunan GOR Kota Sukabumi Butuh Suntikan Anggaran Rp5 Miliar Lagi NERACA Sukabumi - Pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Kota Sukabumi ternyata…

Wali Kota Depok: Pejabat Negara Bisa Jadi Contoh Dalam Berzakat

Wali Kota Depok: Pejabat Negara Bisa Jadi Contoh Dalam Berzakat NERACA Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan semangat…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Menpar Tantang Sumatera Barat Tiru Kesuksesan Mandalika

Dalam rangka undangan untuk menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat, Presiden Joko Widodo bersama…

Kemenpar Incar Lima Negara Penghasil Turis dan Devisa

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan China, Eropa, Australia, Singapura, dan India sebagai Top Five Pasar Utama Wisatawan Mancanegara (wisman) 2018. Penetapan…

Merindukan Kemacetan di Kawasan Puncak

Hujan lebat mengawali Sabtu (11/2) pagi di kawasan Puncak Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Usai hujan reda, matahari mulai menampakkan…