Penyebab Gagalnya Bisnis yang Baru Dirintis

Tak jarang pemilik usaha kapok lantaran bisnis yang baru digarapnya gagal. Padahal, itu semua tidak perlu terjadi jika bisnis direncanakan dengan matang. Nah berikut ini pembahasan singkat kenapa bisnis baru sering mengalami kegagalan.

Pertama si empunya usaha tidak pernah melakukan riset pasar.Ya, walaupun modal sudah disiapkan dan niat sudah bulat.Tetapi tanpa melakukan riset pasar semua akan sia-sia. Misalnya Anda memutuskan untuk berjualan es padahal sedang musim penghujan. Kesalahan-kesalahan seperti inilah yang membuat gagal usaha. Karena itu, Anda harus bisa mencari apa yang dibutuhkan oleh pasar, bukan malah memaksakan produk.

Kedua, karena rencana bisnis yang setengah matang. Perlu Anda ketahui, sebuah rencana yang baik dan realistis sangatlah mutlak dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Dalam rencana itu, Anda harus memuat target yang masuk akal, bagaimana mencapai target tersebut, prediksi masalah yang nanti akan menjadi penghambat serta mencari solusinya.

Ketiga, solusi  ketaiadaan modal. Biasanya usaha baru tak selalu mulus. Lantas, Anda membutuhkan tambahan modal untuk menutupi biaya operasioanl. Lantas apakah dengan pinjaman menjadi solusinya? Belum tentu, karena itu Anda juga harus memikirkan solusi ketiadaan modal, seperti dengan menabung ketika memulai usaha untuk tambahan modal.

Terakhir adalah terlena dengan kesuksesan. Anda sukses menjalankan bisnis dan mendapatkan banyak pelanggan. Apakah itu bisa dibilang usaha Anda cukup sukses? Jangan terlalu puas dengan hasilnya. Karena boleh itu hanya sesaat.Karena itu, terus pantau situasi pasar dan cari tahu apakah Anda harus mengubah rencana bisnis Anda. Atau memodifikasi rencana bisnis Anda.

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…