Penyebab Gagalnya Bisnis yang Baru Dirintis

Tak jarang pemilik usaha kapok lantaran bisnis yang baru digarapnya gagal. Padahal, itu semua tidak perlu terjadi jika bisnis direncanakan dengan matang. Nah berikut ini pembahasan singkat kenapa bisnis baru sering mengalami kegagalan.

Pertama si empunya usaha tidak pernah melakukan riset pasar.Ya, walaupun modal sudah disiapkan dan niat sudah bulat.Tetapi tanpa melakukan riset pasar semua akan sia-sia. Misalnya Anda memutuskan untuk berjualan es padahal sedang musim penghujan. Kesalahan-kesalahan seperti inilah yang membuat gagal usaha. Karena itu, Anda harus bisa mencari apa yang dibutuhkan oleh pasar, bukan malah memaksakan produk.

Kedua, karena rencana bisnis yang setengah matang. Perlu Anda ketahui, sebuah rencana yang baik dan realistis sangatlah mutlak dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Dalam rencana itu, Anda harus memuat target yang masuk akal, bagaimana mencapai target tersebut, prediksi masalah yang nanti akan menjadi penghambat serta mencari solusinya.

Ketiga, solusi ketaiadaan modal. Biasanya usaha baru tak selalu mulus. Lantas, Anda membutuhkan tambahan modal untuk menutupi biaya operasioanl. Lantas apakah dengan pinjaman menjadi solusinya? Belum tentu, karena itu Anda juga harus memikirkan solusi ketiadaan modal, seperti dengan menabung ketika memulai usaha untuk tambahan modal.

Terakhir adalah terlena dengan kesuksesan. Anda sukses menjalankan bisnis dan mendapatkan banyak pelanggan. Apakah itu bisa dibilang usaha Anda cukup sukses? Jangan terlalu puas dengan hasilnya. Karena boleh itu hanya sesaat.Karena itu, terus pantau situasi pasar dan cari tahu apakah Anda harus mengubah rencana bisnis Anda. Atau memodifikasi rencana bisnis Anda.

BERITA TERKAIT

Perkenalkan Fortofolio Bisnis - Astra Tampil di 1st Pacific Expo Selandia Baru

NERACA Jakarta – Menunjukkan eksistensinya di dunia internasional, PT Astra Internasional Tbk (ASII) menjadi satu dari lebih dari 100 perusahaan…

Bisnis Semen Masih Lesu - Semester Satu, Penjualan SMGR Turun 4,86%

NERACA Jakarta- Lesunya penjualan semen di semester pertama 2019, dirasakan betul bagi produsen semen. Salah satunya PT Semen Indonesia (Persero)…

Emdeki Realisasikan Dana IPO Baru 30,05%

Per Juni 2019, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) baru merealisasikan dana hasil penawaran umum saham perdana sebesar 30,05% dari dana…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…