Karisma Aksara Bidik Dana IPO Rp 128,6 Miliar - Tawarkan Harga Rp 175 Per Saham

NERACA

Jakarta – Pasca pemilu presiden dan penetapan presiden terpilih Jokowi dan JK, industri pasar modal mulai kedatangan calon emiten baru yang bakal go public. Salah satu diantaranya, PT Karisma Aksara Mediatama Tbk atau perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, produksi alat tulis kantor, percetakan hingga perdagangan buku.

Perseroan membidik dana yang dihimpun dari pelaksanaan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) sebesar Rp 93,7 miliar hingga Rp 128,6 miliar, “Harga saham yang kita tawarkan di kisaran Rp 175 per lembar saham hingga Rp 240 per lembar saham,”kata Direktur PT Karisma Aksara Mediatama, Heidi Saputra di Jakarta, Senin (8/9).

Disebutkan, perseroan bakal menawarkan saham baru sebanyak-banyaknya 535,8 juta lembar saham atau sebanyak-banyaknya 30% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Bertindak sebagai penjamin emisi efek adalah PT BCA Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Securities.

Asal tahu saja, nantinya dana yang dihimpun dari IPO akan digunakan sekitar 63,9% untuk penyertaan modal kepada entitas anak yang dipergunakan untuk pembelian mesin percetakan dan produksi, pembukaan gerai took dan modal kerja. Selanjutnya, 21% akan digunakan untuk bayar utang ke PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), sekitar 8% digunakan untuk modal kerja perseroan dan sisanya sekitar 7,1% akan digunakan untuk belanja modal perseroan seperti pembelian kendaraan ekspedisi, perangkat teknologi informasi dan pembukaan gerai took baru.

Kata Heidi Saputra, guna meningkatkan penjualan perseroan akan menambah 6 gerai tahun ini dan sebanyak 16 gerai atau took buku pada tahun 2015, “Diharapkan dengan penambahan gerai tersebut, target pendapatan tahun ini sebesar Rp 980 miliar dan laba Rp 28 miliar bisa terealisasi,”ungkapnya.

Sebagai catatan, untuk investasi satu gerai toko diperkirakan sekitar Rp 500 juta hingga Rp 1,1 miliar sesuai dengan luas lahan dan lokasinya. Biasanya, luas gerai satu toko buku perseroan seluas 400 meter persegi sampai 500 meter persegi.

Sementara Direktur Utama PT Karisma Aksara Mediatama Tbk, Lyndon Saputra menambahkan, alasan perseroan go public dimaksudkan untuk mengembangkan usaha jangka panjang dan ingin mendekatkan diri kepada masyarkat serta memacu transparansi, kredibilitas dan partisipasi masyarakat, “Tujuan perseroan go public dimaksudkan untuk kembangkan usaha jangka panjang, “tandasnya.

Dirinya menyakini, bisnis toko buku yang digarap perseroan memiliki peluang pasar yang menjanjikan dan bahkan memiliki keunggulan dibanding dengan perusahaan yang sama. Pasalnya, toko buku Karisma Aksara Mediatama hadir di pemukiman dan merupakan toko buku keluarga,”Toko buku menjadi pengguna and user dan hadir di setiap kabupaten atau kota,”paparnya.

Sementara Direktur BCA Sekuritas Imelda Harismundar selaku penjamin emisi mengungkapkan, Karisma Aksara masih memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena hadir disetiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, “Setidak 60% pendapatan perseroan dikontribusikan dari penjualan atau gerai toko yang ada di luar Jawa dan sisanya 40% berada di pulang Jawa,”ujarnya.

Kemudian, penawaran saham perdana perseroan membidik pasar domestik dank arena itu diyakini tidak akan terpengaruh terhadap dampak fluktuasi kurs rupiah. (bani)

BERITA TERKAIT

Hotel Syariah Solo Tawarkan Perawatan Kecantikan Syariah

Hotel Syariah Solo telah menawarkan Spa sebagai pelayanan perawatan kecantikan, kesehatan kebugaran berkonsep syariah kepada para tamu yang menginap lebih…

PTBA Bidik Pendapatan Tumbuh 20% di 2018 - Garap Proyek PLTU Mulut Tambang

NERACA Jakarta – Optimisme membaiknya harga tambang batu bara di tahun depan, menjadi sentimen positif bagi emiten tambang untuk memacu…

Bukalapak Rilis Tujuh Produk Reksa Dana Baru

NERACA Jakarta - Melihat tingginya minat investor terhadap produk reksa dana yang tersedia di BukaReksa, kini Bukalapak kembali menghadirkan tujuh…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Pelindo III Cari Modal di Pasar US$ 1 Miliar

Guna mendanai ekspansi bisnisnya lebih agresif lagi, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana menggalang dana dari pasar modal pada 2018…

Lagi, LPPF Buka Gerai Baru di Surabaya

Perluas penetrasi pasar, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) membuka gerai baru berkonsep specialty store kedua di Pakuwon Mall Surabaya.…

Jasa Armada Pangkas Jumlah IPO Jadi 20%

Pilih cara aman atau konservatif agar saham IPO terserap di pasar, PT Jasa Armada Indonesia menurunkan jumlah saham yang di…