Dinamis, Kunci Sukses Berbisnis

Aral akan selalu melintang sebelum Anda sukses menggarap sebuah bisnis. Lagian pula, situasi ekonomi yang selalu berubah tak pernah menentu. Dan itu tentunya berpengaruh terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Ya, kondisi ekonomi yang ada saat ini akan menyebabkan Anda atau pengusaha lainnya akan kesulitan menghasilkan untung bila tidak sigap menghadapi perubahan. Salah satu kesalahan yang dilakukan pemilik bisnis adalah tetap menjual produk atau jasa, tanpa mempertimbangkan bahwa masyarakat telah berubah.

Coba saja perhatikan, tak genap setahun pun, perilaku konsumen akan berubah, seperti biasanya mereka pastinya menginginkan hal-hal yang berbeda dan menuntut Anda untuk bersifat dinamis, kalau tidak Anda akan sulit mengatasi permintaan konsumen yang juga semakin dinamis.

Dinamis bukan hanya pada terletak pada jeis produk yang Anda tawarkan, tetapi juga terletak pada pelayanan yang diberikan pada setiap konsumen. Maklum, kepuasan pelanggan adalah salah satu factor penentu kesuksesan usaha, dengan kata lain jangan berharap Anda akan sukses jika pelanggan kecewa.

Karena tak jarang, kepuasan pelanggan menjadi penyebab kesuksesan usaha. Masalahnya, dalam dunia usaha masih berlaku system pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan menjaga kepuasan pelanggan Anda maka mereka yang telah merasakan pelayanan yang diberikan akan mereferensikan usaha Anda kepada saudara atau teman mereka.

Sementara jika sebaliknya, tentu saja yang mereka referensikan adalah hal jelek mengenai usaha Anda. Akibatnya, tak ada konsumen yang akan mendatangi bahkan malah pergi ke pengusaha lain yang lebih baik dalam pelayanan. Karena dalam hal produk mungkin yang Anda jual sama dengan competitor. Tetapi entah mengapa bisnis competitor lebih ramai.

Makanya jangan heran jika di suatu kawasan sebut saja di pasar, walaupun produk yang dijual sama. Ada salah satu toko yang memiliki pelanggan lebih banyak, walaupun harga yang dipatok untuk produknya sama dengan toko yang lain.

Boleh jadi penyebabnya adalah karena pelayanan yang baik telah diberikan toko tadi sehingga konsumen kerasan untuk berbelanja di situ. Dengan pelayanan terbaik mereka mampu memenangkan persaingan.

Karena itu, tak ada salahnya menanyakan pada klien atau pelanggan, apa yang paling mereka inginkan. Lalu, berikan juga perhatian pada apa yang tidak mereka inginkan. Kita tentunya tidak dapat menghasilkan uang hanya dengan berasumsi apa yang diinginkan pelanggan tanpa benar-benar tahu tentang apa yang mereka butuhkan.

Intinya, bersiaplah untuk beradaptasi, dan segera lakukan perubahan. Cara terbaik untuk menghasilkan keuntungan dan mendapatkan banyak pelanggan adalah memberikan penawaran terbaik, sesuai dengan yang mereka butuhkan, baik dalam hal produk atau pelayanan serta tanggungjawab Anda sebagai pengusaha.

BERITA TERKAIT

Lima Kunci Penting Puasa Sehat

Tak terasa puasa sudah berjalan sekitar dua minggu. Rasanya tubuh sudah mulai terbiasa, tetapi orang sebaiknya tetap menjaga agar puasa…

Ini Dia Kiat Sukses Binis Kuliner - Tingginya Persaingan

Bisnis kuliner menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan tak pernah sepi, sehingga wajar saja jika banyak orang melirik bisnis…

Smesco Sukses Gelar Festival Betawi 2018

Smesco Sukses Gelar Festival Betawi 2018 NERACA Jakarta - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) sukses menggelar Festival Betawi…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pemerintah Segera Berlakukan Tarif Pajak 0,5 Persen Untuk UMKM

Penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beromzet di bawah Rp 4,8 miliar…

Ini Dia Kiat Sukses Binis Kuliner - Tingginya Persaingan

Bisnis kuliner menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan tak pernah sepi, sehingga wajar saja jika banyak orang melirik bisnis…

Teguk Segernya Usaha Minuman Jus Buah

Minuman Jus buah,  memang tidak pernah surut mengingat minuman ini terus digemari. Rasanya yang segar dan kandungan vitamin serta serat…