Stroke Bukan Akhir dari Segalanya

NERACA

Stroke masi menjadi penyebab utama kematian dan terutama kecacatan di seluruh dunia. Penderita stroke biasanya membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu panjang dan membutuhkan biaya pengobatan yang sangat tinggi ditambah lagi masalah produktivitas pasien yang menurun.

Sedangkan data tahun 2010 di Amerika Serikat, stroke berada di urutan 3 teratas sebagai penyebab kematian setelah penyakit jantung dan kanker, dengan kasus mencapai 700.000/tahun. Sedangkan riskesdas 2013 menunjukkan prevalensi stroke di Indonesia mencapai 12,1 per 1000 orang dan diperkirakan akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan faktor risiko dan bertambahnya penduduk usia lanjut.

Penanganan yang cepat dan tepat di fase akut akan sangat menentukan kondisi pasien selanjutnya. Dalam manajemen stroke akut dikenal istilah golden periode di mana ada batas waktu tertentu pasien harus mendapatkan penanganan. Semakin cepat ditangani, maka hasil akhirnya akan lebih baik.

Stroke terjadi karena sebagian sel-sel di area otak mati disebabkan suplai pembuluh darah ke sel otak berkurang. Hal ini akibat adanya penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga suplai oksigen dan darah berkurang, atau akibat pecahnya pembuluh darah di otak sehingga area yang terkena genangan darah akan mati. Area otak yang terkena stroke akan menentukan gejala-gejala pada pasien.

Sedangkan Spesialis Bedah Saraf BNC RSU Bunda, dr. Ibnu Benhadi, SpBS mengatakan, pasien stroke harus seger dibawa ke dokter begitu gejala muncul untuk diperiksa menyeluruh tentang penyebab stroke. Ada dua penanganan berbeda untuk kedua jenis stroke. Stroke yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah atau dikenal dengan stroke iskemik, bisa diberikan obat pengencer darah. "Namun pemberiannya hanya efektif di 3 jam pertama setelah serangan," tuturnya.

Apabila stroke disertai pendarahan, dikenal dengan stroke hemoragik, maka bisa dilakukan dengan pembedahan. Penilaian secara akurat tentang penyebab stroke dilanjutkan pengobatan yang tepat, akan sangat menentukan keberhasilan terapi dan meningkat kan kualitas hidup pasien selanjutnya.

Bunda Neuro Center

Bunda Neuro Center (BNC) yang merupakan salah satu layanan ungulan di RSU Bunda Jakarta adalah pusat manajemen gangguan otak, saraf dan tulang belakang secara menyeluruh. Salah satunya adalah penanganan stroke mulai dari perawatan fase akut, tindakan, dan tahap pemulihan. Selain itu BNC juga menyediakan fasilitas konsultasi untuk pencegahan stroke.

Stroke bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan deteksi dini secara rutin. Di BNC pasien diajarkan mengenali faktor-faktor risiko stroke dan mengedalikannya. Misalnya dengan kontrol tekanan darah tinggi (hipertensi), menurunkan kolesterol dan asupan lemak jenuh menghentikan merokok, mengontrol diabetes, menjaga berat badan dan mengelelola stress.

Stroke sangat bisa dicegah. Tetapi bila ada salah satu anggota keluarga yang terkena stroke, dunia bukan akhir. Saat ini dunia kedokteran sudah sangat maju, sehingga bila ditangani sangat cepat dan benar di fasilitas yang memadai, prognosis stroke bisa sangat baik dan pasien bisa kembali mendekati normal.

BERITA TERKAIT

OPEC Dinilai Perlu Terus Pangkas Pasokan Sampai Akhir 2019

NERACA Jakarta – Arab Saudi mengatakan pada Minggu (17/3) bahwa pekerjaan OPEC dalam menyeimbangkan kembali pasar minyak masih jauh dari…

BRI Syariah Terima Pelunasan Biaya Haji dari 9.642 Jamaah

    NERACA   Jakarta - Sebanyak 9.642 calon jamaah haji melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di BRI…

Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha Baru Dibina

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian hingga saat ini membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri. Program strategis yang…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Nutrisi Tepat Bisa Cegah Stunting

Debat Pilpres 2019 antara cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno membahas salah satu…

Konsumsi Minuman Manis Tingkatkan Risiko Kematian

Kebiasaan mengonsumsi minuman manis harus dikurangi jika Anda ingin hidup lebih lama. Studi terbaru menunjukkan minuman manis dapat meningkatkan risiko…

Kacang Terbaik Penurun Kadar Kolesterol

Sebagian orang masih menganggap kacang sebagai makanan asin, berlemak, dan berkalori tinggi. Namun, sejumlah ahli gizi telah menyimpulkan bahwa kacang…