Teralis, Antara Gaya dan Keamanan

AMAN SAAT MUDIK

Sabtu, 26/07/2014

Memasang teralis di jendela di tempat tinggal biasanya dijadikan alasan agar isi yang ada di dalam hunian tersebut menjadi aman. Apalagi, saat musim mudik Lebaran seperti yang beberapa hari lagi akan terjadi. Pastinya, si penghuni menginginkan isi rumahnya aman dari tindak pencurian.

Maklum, saat ini tingkat kriminilitas begitu tinggi. Apalagi untuk tempat tinggal di kota besar seperti Jakarta. Dimana, pada saat Lebaran banyak ditinggalkan penghuninya. Pastinya, akan banyak hal yang tak terduga bisa mengancam keselamatan isi hunian.

Ya, tindak kejahatan bisa saja masuk ke kediaman seseorang. Walaupun mungkin orang tersebut telah menggunakan jasa security. Tetap saja, kejahatan mengancam. Karena itu, rumah yang kita tinggali harus mengutamakan faktor keamanan, yang paling sederhana adalah dengan menggunakan teralis.

Memang , awalnya niat seseorang memasang teralis adalah untuk keamanan rumah dari tindakan kriminal berupa kejahatan pencurian. Tetapi, sekarang telah terjadi pergeseran sesuai perkembangan zaman, sekarang teralis juga bisa menjadi salah satu sarana untuk menghias jendela/pintu.

Karena itu, selain faktor keamanan, kerapian serta uniknya model teralis dikedepankan Bahan dasarnya pun bermacam-macam, ada yang berbahan dasar alumunium, besi dan baja. Nah, teralis berbahan dasar besi paling diminati, biasanya teralis dengan bahan dasar besi ini memiliki motif klasik, diantaranya berupa motif belah ketupat yang berjajar, atau bulat berjajar.

Selain besi, teralis juga ada yang berbahan dasar alumunium. Modelnya pun tak kalah unik, namun mengingat fungsinya sebagai pengaman, teralis alumunium mudah untuk rusak, dengan gergaji besi saja, orang jahat mampu merusak sistem keamanan yang kita miliki. Karena, sifat bahan alumunium yang lunak sehingga dengan mudah dapat dirusak.

Kalau mau yang lebih menjamin keamanan, gunakan teralis dari baja. Teralis baja, sangat baik untuk pengamanan rumah. Untuk itu, jika melakukan perbaikan rumah dan Anda belum punya, tak ada salahnya menambahkan teralis baja ini.

Karena selain lebih kuat dibandingkan dua bahan yang telah disebutkan tadi, baja juga tahan karat. Meskipun dari segi harga lebih mahal. Wajar saja, karena faktor kekuatannya, maka teralis baja juga dapat digunakan tidak hanya untuk jendela dan juga untuk pintu. Bahkan, dapat digunakan untuk teralis atap rumah di ruangan terbuka.

Berbicara mengenai perawatan, perawatan teralis cukup mudah, khusus untuk teralis besi Anda hanya perlu mengecat dengan cat khusus untuk besi saja. Tujuannya untuk menghindari terjadinya erosi yang mengakibatkan karat dan kemudian akan merusak teralis itu sendiri.

Selain itu, hindari penggunaan lap basah karena juga bisa menimbulkan erosi. Jika mempunyai pembantu rumah tangga di rumah, biasanya di antara mereka mungkin ada yang paham masalah ini, khususnya kalau pembantu rumah tangga yang Anda miliki berasal dari yayasan penyedia jasa pembantu, karena sebelumnya mereka telah dibekali pendidikan.