IIMS 2014, Strategis Kenalkan Dunia Otomotif pada Anak

Sabtu, 26/07/2014

Lebih dini memperkenalkan anak kepada pendidikan akan lebih baik, caranya tentu lewat program-program yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mengajak anak berekreasi ke pameran IIMS. Ajang pameran terbesar di Asia Tenggara ini dapat dijadikan sebagai wadah anak untuk berkreativitas sekaligus memperkenalkan anak pada dunia otomotif sejak usia dini

NERACA

Dalam pertumbuhannya, anak-anak memiliki rasa keingin tahuan yang sangat besar. Berjuta pertanyaan menggelayut dikepalanya. Tak jarang, rasa ingin tahu yang luar biasa ini terkadang membuat orang tua harus berpikir keras untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana yang meluncur dari lidah mereka.

Sayangnya, disaat seluruh informasi dapat diserap dengan mudah dan cepat oleh anak melalui seluruh panca indranya, banyak orangtua yang masih kebingungan untuk memperkenalkan pendidikan pada mereka. Sehingga tak jarang proses belajar diserahkan kepada lembaga formal yang dianggap lebih kompeten.

Padahal, memperkenalkan dunia pendidikan kepada anak dapat dilakukan di mana saja dengan berbagai cara tanpa menyita terlalu banyak waktu. Salah satu cara untuk membekali para “monster kecil” tersebut dengan pendidikan dini adalah dengan mengajak mereka mengunjungi pameran otomotif terbesar di tanah air dan bahkan di Asia Tenggara, The 22ndIndonesia International Motor Show 2014 (IIMS).

Selain menampilkan produk otomotif, teknologi, serta mobil konsep dari para peserta, tidak terkecuali di tahun ini IIMS juga kembali menekankan pentingnya pendidikan bagi anak Indonesia, kali ini para pendidikan usia dini menjadi fokus utamanya. Berbagai program digalang untuk memberikan motivasi kepada para pelajar untuk terus menggali ilmu dan mengembangkan kemampuannya.

“Dari tahun ke tahun IIMS selalu menaruh kepedulian terhadap pentingnya pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Pentingnya pendidikan dimulai dari usia dini menjadikan IIMS tahun ini memfokuskan program sosialnya mulai dari usia balita hingga anak usia sekolah menengah,” tutur Ketua Penyelenggara IIMS 2014, Johnny Dharmawan.

Menurut Johny, lebih dini memperkenalkan anak kepada pendidikan akan lebih baik, caranya tentu lewat program-program yang menyenangkan. Salah satu caranya adalah lewat buku, buku telah menginspirasi banyak orang besar untuk merubah dunia, banyak tokoh penting yang lahir dari kesukaannya membaca.

Begitu pentingnya buku, hingga buku mampu ikut menentukan kehidupan masa depan seseorang.Buku merupakan jendela dunia, lewat buku kita bisa mempersempit ruang dan waktu, karena dengan membaca buku, kita akan tahu banyak hal, dan semakin banyak buku yang kita baca, maka akan semakin mudah bagi kita untuk ‘menguasai dunia’. Kecintaan anak terhadap buku lah yang ingin dibangun lewat program sosial IIMS 2014 ini.

“IIMS ingin memberikan inspirasi generasi penerus lewat berbagai kegiatannya, dan tanpa terkecuali tahun ini, IIMS 2014 memilih program sumbang buku sebagai perpanjangan tangannya. Karena kami percaya dalam satu buah buku dapat memberikan sejuta manfaat,” jelas Johnny Dharmawan lagi.

Untuk mendukung pendidikan untuk anak usia dini sekaligus memperkenalkan dunia otomotif kepada anak, IIMS 2014 akan menyumbangkan lebih dari 5 ribu, mulai dari buku mewarnai yang sebagian besar akan bertema otomotif, hingga buku dongeng atau cerita yang memiliki muatan pesan mendidik untuk balita.

IIMS juga mengajak masyarakat untuk ikut menyumbangkan buku-buku kategori pendidikan anak usia dini ke beberapadrop boxyang tersebar di 2 mal besarTamini Square dan Mall Artha Gading. Drop box juga akan tersedia di 6 cabangtoko buku Gramedia di Jakarta, Depok dan sekitarnya, mulai dariGramedia Matraman, Gramedia Kelapa Gading, Gramedia Grand Indonesia, Gramedia Central Park, Gramedia Pondok Indah, dan juga Gramedia Depok.

Selain memperkenalkan otomotif pada anak di usia dini, ada pula program kunjungan pelajar ke pabrik Agen Pemegang Merek (APM) yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan IIMS. Tahun ini sebanyak 5 APM telah memberikan komitmennya dan membuka pintu pabriknya untuk dikunjungi para pelajar. Melalui program ini, para siswa akan mendapatkan penjelasan serta pengalaman langsung mengenai proses kerja dari tiap-tiap APM.

Program lainnya yang rutin diselengarakan IIMS adalah kunjungan pelajar pada ‘Students Day’dan kunjungan penyandang cacat pada pameran IIMS. Melalui kunjungan ini, para pelajar dan mahasiswa bisa menambah wawasan mengenai seluk beluk penyelenggaraan pameran serta perkembangan otomotif tanah air.

Dan para penyandang cacat pun mendapatkan kesempatan untuk menikmati pameran otomotif terbesar di tanah air dengan ragam produk pameran serta ragam acaranya. Panitia jugamengundang seluruh pengunjung IIMS untuk mendonorkan darahnya langsung di area pameran IIMS. Program yang merupakan hasil kerjasama dengan PMI Jakarta ini rencananya akan berlangsung 3 kali selama IIMS 2014, yakni pada tanggal 23, 25, dan 27 September 2014.

The 22ndIndonesia International Motor Show 2014 (IIMS) akan berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 18 – 28 September 2014. Pameran ini dipersiapkan untuk mengedepankan kualitas. Panitia akan memoles tampilan dari berbagai sisi, mulai optimaisasi lahan yang mencapai total83.137m2, hingga optimalisasi berbagai fasilitasnya.

Dalam ajang ini, 36 merek anggota Gaikindo akan ditampilkan, terdiri dari 29 kendaraan penumpang (passanger cars)yakniAlfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, VW. dan 7 kendaraan komersial (commercial vehicles)yakni FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, UD Trucks. Dan tentunya ratusan industri pendukung yang akan tampil dengan nuansa yang mendukung tema tahun ini “Smart and Safe Mobility”.