Moment Pulang Kampung Jasa Sewa Mobil Kebanjiran Order

Menjelang hari lebaran, tidak hanya bisnis fashion dan makanan saja yang laris manis diburu para konsumen. Pelayanan jasa, seperti angkutan transportasi darat, laut dan udara pun juga dibanjiri konsumen yang hendak pulang ke kampung halamannya.

NERACA

Fenomena inilah yang akhirnya turut berimbas pada lonjakan omset jasa rental mobil yang selalu kebanjiran banyak pesanan jelang hari raya lebaran.

Memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi beroda empat (mobil) memang menjadi opsi yang paling aman dan diminati banyak orang. Hal inilah yang membuat bisnis rental mobil selalu kebanjiran orderan menjelang hari raya lebaran, khususnya pada H-7 lebaran hingga H+7 setelah Hari Raya Idul Fitri.

Lexi, seorang pengusaha rental mobil di Jalan Sisingamangraja mengungkapkan, menjelang Lebaran tahun ini pihaknya menambah empat armada baru untuk mengantisipasi lonjakan pesanan dari masyarakat. "Hal ini kami lakukan, karena pada Lebaran tahun lalu kami kewalahan melayani konsumen karena armada kami sedikit," katanya.

Menurut dia, setiap kali menjelang Lebaran, orderan dari masyarakat yang membutuhkan mobil sewaan meningkat signifikan. Armadanya yang berjumlah hampir 20 unit habis dipesan masyarakat. Lama sewa pelanggan pun lebih dari sehari. "Pada hari biasa, rata-rata lama sewa oleh pelanggan satu hari," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Herbert, seorang pengusaha jasa rental mobil di Jalan Gatot Subroto. Diungkapkannya, setiap kali Lebaran, permintaan meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa. "Momen ini juga biasanya dijadikan patokan bagi pengusaha untuk menambah armada. Biasanya satu atau dua unit setiap tahun," katanya.

Begitupun, tambahnya, ada juga pengusaha yang tak menambah armada karena terkendala biaya. Biasanya, kata dia, pengusaha rental menambah armada melalui kredit di tempat-tempat penjualan mobil. Kebanyakan, mobil yang mereka sediakan adalah mobil keluarga, atau yang berkapasitas lima penumpang atau lebih.

Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan pelanggan mereka biasanya menyewa mobil untuk bepergian ke luar kota mulai dari Berastagi, Parapat, bahkan hingga ke Pekanbaru dan Padang. "Ada juga yang khusus menyewa mobil untuk digunakan di dalam kota. Biasanya orang dari Jakarta," jelasnya.

Soal tarif sewa, masing-masing pengusaha menetapkan tarif yang berbeda atau bermain pada kisaran Rp200.000 hingga Rp400.000 per hari. Bahkan ada yang menetapkan tarif lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan akan dikenakan jika pemesan minta disediakan sopir. Biaya tambahan itu biasanya setengah dari sewa tarif, atau tergantung kesepakan penyewa dengan sopir tersebut. "Biasanya, menjelang Lebaran biaya sewa naik. Tapi, untuk tahun ini kami belum mengambil keputusan, apakah naik atau tidak. Jika naik, palingan naik Rp50.000 per mobil, tapi juga tak membuka kemungkinan jika ada pelanggan yang nego," kata Herbert.

Selain menambah jumlah armada, penyedia jasa sewa rental mobil juga melakukan persiapan dengan memeriksa kesehatan kendaraan. Mereka tak mau, mobil yang digunakan pelanggan rusak di tengah jalan yang bisa saja berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Saat ini, sekira tiga pekan jelang Lebaran, orderan dari masyarakat sudah mulai masuk, meski jumlahnya belum seberapa. Mobil-mobil yang telah dipesan tersebut akan digunakan pada saat Lebaran hingga dua hari setelah Lebaran. "Seminggu jelang Lebaran, pesanan makin tinggi. Saat itu semua armada kami biasanya akan habis dipesan masyarakat," tandasnya.

BERITA TERKAIT

Dua Kampung Kopi Dikembangkan di Kulon Progo

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini sedang mengembangkan objek wisata Kampung Kopi di Madigondo, Desa Sidoharjo dan…

Jaksa Agung Imbau Tersangka Kondensat Pulang ke Indonesia

Jaksa Agung Imbau Tersangka Kondensat Pulang ke Indonesia NERACA Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo mengimbau tersangka dugaan korupsi kondensat…

Jasa Marga Targetkan 175 KM Beroperasi

NERACA Jakarta - PT Jasa Marga Tbk menargetkan dapat mengoperasikan ruas tol baru melalui sejumlah anak usahanya pada tahun ini…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Begini Alasan Harga All New Rush Tidak Dinaikkan

Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan harga produk medium sport utility vehicle (SUV) terbaru All New Rush yang tidak naik…

Hyundai Bidik 4,68 Juta Kendaraan Terjual Pada 2018

Hyundai Motor menargetkan penjualan sebanyak 4,68 juta unit kendaraan secara global pada 2018, menurut produsen mobil asal Korea Selatan. Target…

Pesawat Bertenaga Listrik Australia Mulai Lepas Landas

Pesawat bertenaga listrik pertama Australia telah berhasil menyelesaikan penerbangan perdananya di Perth, setelah lepas landas dari Bandara Jandakot dan melakukan…