Lagi, APP Wakafkan Al-Qur'an di Jambi

Jumat, 18/07/2014

Kembali mengulang kesuksesan wakaf Al-Qur’an di Riau, Sinar Mas melalui pilar bisnisnya Asia Pulp & Paper (APP) mewakafkan ribuan Al Quran di Jambi. Al Quran diserahkan melalui Gubernur Jambi Hasan Basri Agus untuk diteruskan ke berbagai lapisan masyarakat. Di antaranya terdapat Al Quran braile untuk tuna netra. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (17/7).

APP memang telah berkomitmen melakukan wakaf Al Quran membantu masyarakat yang membutuhkan. Itu karena ada kesenjangan antara kebutuhan dan ketersedian Al Quran di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia, Indonesia memiliki kebutuhan kitab suci Al Quran yang sangat besar. Kementerian Agama memperkirakan kebutuhan itu mencapai 2 juta mushaf per tahun pada tahun 2011. Namun, hingga kini pencetakan secara nasional baru bisa memenuhi sekitar 50 ribu – 60 ribu mushaf saja. Akses mendapatkan Al Quran tentu semakin sulit didapat oleh mereka yang tinggal di pedalaman dan daerah-daerah terpencil.

Direktur APP Suhendra Wiriadinata menjelaskan, dalam memproduksi Al Quran, APP selalu mengedepankan prinsip islam mulai dari penyiapan naskah, pengadaan kertas hingga pencetakannya. “Praktik wakaf ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam memperkokoh keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan,” ujar Suhendra.

Al Quran yang diwakafkan menggunakan kertas QPP dengan merek Sinartech produksi dari PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk–Tangerang Mills –salah satu unit usaha APP-- yang berkualitas tinggi, bersertifikat halal dari MUI serta telah diekspor ke berbagai negara. Al Quran ini juga dicetak khusus melalui kerjasama APP dan Pengurus Besar Nahdalatul Ulama (PBNU) sebagai wujud komitmen kepedulian APP atas kebutuhan umat Islam akan Al Quran yang terjangkau dan berkualitas. Kertas jenis ini telah diproduksi di PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk-Tangerang Mills sejak sembilan tahun lalu. (bani)