All New Honda Jazz Optimis Meningkatkan Gairah Pasar Hatchback - Pasar Hatchback di Tanah Air Sedang Menurun

Melihat pasar mobil hatchback di Tanah Air sedang turun, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) optimis, kehadiran All New Honda Jazz akan membawa angin segar untuk pasar di segmen tersebut.

NERACA

"Pasar hatchback di Indonesia saat ini memang sedang mengalami penurunan. Ini sesuai dengan prediksi kami bahwa tahun ini segmen hatchback akan mengalami penurunan sebesar 4 persen. Tapi dengan kehadiran Jazz baru ini, market hatchback akan kembali bangkit," tutur Jonfis.

Honda Jazz sendiri, hingga Mei 2014 masih memimpin pasar hatchback secara nasional sebesar 34%. Selama 10 tahun mendominasi pasar hatchback nasional, sejak tahun 2004 hingga bulan Mei 2014, Honda Jazz telah terjual sebanyak 228.554 unit di seluruh Indonesia.

All New Honda Jazz merupakan generasi ketiga yang telah dijejali teknologi dan fitur-fitur terbaru membuat hatchback ini lebih keren. "Saking kerennya, All New Honda Jazz adalah mobil keren yang 'anti-jomblo'," gurau Jonfis kepada para jurnalis.

Dia mengklaim ada persaingan yang ketat di pasar mobil hatchaback, tapi kompetisi ini tidak antara mobil lain, tetapi meningkatkan kualitas Honda Jazz dari generasi ke generasi. “Kompetisi ketat di pasar itu bukan karena persaingan antar (merk) mobil, sebab Honda Jazz cukup besar market share-nya. Persaingan itu lebih ketat karena demand di pasar semakin tinggi,” jelas Jonfis.

Honda Jazz dengan tampilan yang sporty dan bernuansa futuristik. Kesan sporty tersebut dipertegas dengan LED projector headlight dengan design yang tajam. Pada lampu juga terdapat teknologi Fog lamp with LED position lamp atau lampu kabut yang dapat memberikan penerangan yang optimal pada malam hari.

All New Honda Jazz menggunakan mesin 1,5 L SOHC I-Vtec 4 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 12 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.800 rpm.

Honda juga mengaplikasikan transmisi CVT Earth Dreams Technology dengan menggunakan torque converter sebagai penyalur tenaga dari mesin. Fungsi dari CVT tersebut adalah menghasilkan keseimbangan antara mesin daei putaran rendah dan hemat bahan bakar pada putaran tinggi.

Untuk Suspensi depan, Jazz anyar ini menggunakan MaCPherson Strut. Sedangkan suspensi belakang mobil ini menggunnakan H-shape torsion beam. Tunggangan hatchback ini menawarkan standard keselamatan tinggi lewat fitur-fitur seperti struktur rangka bodi dengan teknologi G-force control technology serta dual SRS air bag untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu ada sistem pengereman anti lock braking system (ABS) ditambah electronic brake force distribution (EBD). Selain itu, pada kursi belakang terdapat ISOFIX yaitu sebagai pengait kursi bayi di kursi belakang.

All New Honda Jazz juga dilengkapi dengan fitur smart entry memudahkan pengemudi untuk membuka kunci kendaraan. Kunci cukup disimpan di dalam saku dan kunci akan terbuka secara otomatis ketika tangan berada di handle pintu. Teknologi lain yang dimiliki mobil ini adalah one push ignition system yang berguna untuk menyalakan atau mematikan mesin hanya dengan satu sentuhan.

HPM juga menyediakan aksesoris Mugen dan Modulo Edition. All New Honda Jazz Mugen Edition menawarkan aksesoris tambahan untuk tampilan Honda Jazz yang lebih sporty sedangkan untuk Modulo Edition menawarkan akasesoris yang membuat tampilan semakin elegan.

Seluruh varian All-New Honda Jazz generasi ketiga tersedia dalam tujuh pilihan warna; Attract Yellow Pearl, Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Alabaster Silver Metallic, White Orchid Pearl, dan Modern Steel..

Terdapat lima varian, A M/T dijual Rp 199 juta, S M/T dibanderol Rp 217 juta. Sementara S CVT, Rp 227 juta. Varian RS juga langsung dijual sebagai andalan dengan dua pilihan, RS M/T dibanderol Rp 238 juta dan RS CVT Rp 248 juta. Harga ini berstatus on the road wilayah Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama.

BERITA TERKAIT

Manulife Sebut Pasar Obligasi Masih Positif

  NERACA   Jakarta - PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) memandang beberapa faktor positif dari domestik masih akan terus…

Pasar Tekstil Tanah Abang Melesu

  NERACA   Jakarta - Penjualan tekstil di Pasar Tanah Abang masih lesu, sehingga beberapa pedagang pakaian jadi pun terpaksa…

PTPP Optimis Capai Arus Kas Operasi Positif - Persaingan Industri Konstruksi Sengit

NERACA Jakarta – PT PP (Persero) Tbk (PTPP), perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia memperkirakan arus kas operasi positif…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

New Honda Vario eSP Dapat Sentuhan Tampilan Baru

PT Astra Honda Motor (AHM) merilis tampilan anyar untuk skutik andalan mereka, New Honda Vario eSP, yang disemati pembaruan pada…

Produk Otomotif China Tambah Pilihan Bagi Konsumen

Dua industri otomotif asal Tiongkok yakni PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dan PT Sokonindo Automobile tahun ini resmi memasuki…

Infiniti Perkenalkan All New QX50 Dengan Mesin Baru

Infiniti memperkenalkan medium sport utility vehicle (SUV) kelas premium, All New QX50, yang menggunakan mesin bensin terbaru VC Turbo dengan…