Properti Harus Siap Masuk Pasar Bebas ASEAN - Persaingan Makin Ketat

NERACA

Jakarta -Properti di Indonesia tetap menjadi salah satu primadona investasi, meski dihantui ancaman bubble yang menyebabkan pasar properti mengalami konsolidasi penjualan dengan tren turun, namun tren bisnis proeprti bakal melesat tumbuh. Buktinya, sejumlah investor properti asing kian agresif berinvestasi hunian dan produk properti di Indonesia.

Bahkan, memasuki pasar bebas ASEAN 2015 yang sudah di depan mata, setiap produk properti harus bisa menawarkan produk yang berkualitas dan bersaing. Proyek yang berkualitas menjadi keharusan terkait bakal masuknya sejumlah pengembang asing dan calon konsumen luar negeri yang tertarik berinvestasi dan tinggal di Indonesia.

Pengamat ekonomi dan kebijakan publik Danisworo mengatakan pelaku di bisnis properti siap menghadapi tantangan dan persaingan pasar global, khususnya ASEAN Economic Community 2015. "Kita harus siap menghadapi tantangan dari negara-negara lain," kata Danisworo di sela-sela acara pemberian penghargaan Indonesia Property&Bank Award (IPBA) 2014 di Ballroom Gran Melia, Jakarta.

IPBA yang merupakan event tahunan digelar oleh Majalah Property&Bank bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Properti dan Keuangan (AJPK). Danisworo berharap presiden RI yang terpilih nantinya akan lebih fokus terhadap permasalahan perumahan, terutama bagi mereka yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Semestinya masalah perumahan tidak diabaikan, tapi sebaliknya harus lebih serius.

Dalam IPBA 2014, para penerima penghargaan event tahunan ini beragam, baik penerima personal, proyek maupun perusahaan. Semua penerima award melalui tahapan nominasi dan penilaian yang dilakukan secara seksama. Analisa dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya sehingga mendapatkan hasil dan kesimpulan objektif.

IPBA merupakan penganugerahan tertinggi bagi pelaku industri properti dan perbankan ini merupakan yang ke-9 (sembilan) kalinya sejak mulai digelar pada tahun 2005 lalu. Mengusung tema “Service Excellence To Global Transformation” IPBA 2014 masih terus berkomitmen memberikan penghargaan bagi industri properti dan perbankan yang konsen memberikan perhatian dan pelayanan maksimal bagi konsumen, dengan tetap memperhatikan komitmen terhadap lingkungan dan masyarakat.

Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank, Indra Utama, menjelaskan IPBA ke-9 ini akan menjadi momentum untuk terus melakukan berbagai improvement dalam penyelenggaraan anugerah bergengsi ini. Dia mengatakan pihaknya percaya bahwa tema kali ini masih tetap menjadi domain utama semua perusahaan dalam kapasitas membangun dan mengembangkan bisnis dengan terus berupaya memberi pelayanan dan produk-produk terbaik untuk konsumen.

Pemenang IPBA kategori Perumahan/Kota Baru/Kota Mandiri Favorit adalah The Oasis (The First Mixed Use Green Concept Property in Cikarang), Harvest City (Kota Mandiri dengan Konsep Terlengkap di Cibubur), Casa Jardin (The Luxurious Residence Applying Green Concept Consistently), Borneo Paradiso (The New Township in Balikpapan with Living Paradise Concept), Jakarta Garden City (The Biggest Real Land Township at Jakarta), dan Kahuripan Nirwana Village (Perumahan Berpengaruh dalam Pengembangan Kawasan di Sidoarjo).

Lalu, kategori Kondotel/Apartemen adalah Sky Terrace (The Luxurious Condo with Premium Facilities), Apartemen Sudirman One Tangerang City (Terlengkap dan Termewah di Kota Tangerang), Belmont Residence (Exclusive Apartment With Green Environment Concept), One East Residence (The Most Luxurious Apartment in East Java), Bintaro Icon (Apartemen Ekslusif Di Lokasi Premium), Pejaten Park Residence (Apartemen Menengah Favorit Pilihan Konsumen), Vista Verde (Apartemen Menengah Terlengkap dan Mewah di Kalimantan Timur).

Selain itu, kategori Superblok/Mixed Use Terbaik, antara lain Ciputra World Jakarta (The Most Prestigious Superblock with An Array of World-Class Top Brands), Marunda Center (The Best Industrial Estate with Integrated Seaport Facility), Aeropolis (The Real Mixed Use Project Near The Indonesia International Airport), Grand Kamala Lagoon (The Best Mixed Use Development Concept at Bekasi City). Dari kategori Bank Umum Berkinerja Terbaik terdapat Bank BTN (Penyalur Pembiayaan KPR Terbanyak).

BERITA TERKAIT

Transaksi Saham di Sumut Masuk 10 Besar

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, transaksi investor pasar modal di Sumut masuk 10 besar nasional…

Pakar: Harus Ada Politik Hukum Yang Lebih Menggigit

Pakar: Harus Ada Politik Hukum Yang Lebih Menggigit NERACA Purwokerto - Dalam penanganan kasus korupsi ke depan harus ada politik…

Mantan Ketua MK - Masyarakat Harus Paham Pluralisme

Mahfud MD Mantan Ketua MK  Masyarakat Harus Paham Pluralisme Palangka Raya - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan…

BERITA LAINNYA DI INDUSTRI

Menperin Usung Globalisasi Industri 4.0 di WEF

NERACA Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Davos, Swiss selama empat hari, 22-25 Januari 2019. Agenda…

Lima Unit AMMDes Penjernih Air Didistribusikan ke Sulteng

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih…

Rendahnya Produktivitas Tebu Picu Tingginya Harga Gula

NERACA Jakarta – Rendahnya produktivitas tebu dapat dilakukan untuk menekan impor gula. Saat ini, harga gula lokal tiga kali lebih…