Konsumen, Faktor Utama Pengembangan Bisnis

Pada hakeketnya, konsumen yang menghidupi perusahaan, karena konsumen membayar manfaat dari barang atau jasa yang ditawarkan karyawan sehingga perusahaan mampu membayar gaji untuk seluruh karyawannya. Ya, produsen harus mampu memahami dan memnuhi kebutuhan konsumennya. Sedang konsumen merasa puas dengan kinerja dan layanan yang diberikan karyawan sebuag perusahaan.

Oleh karena itu, memahami karakteristik konsumen merupakan hal yang sangat mendasar. Maka, pola pikir yang diterapkan perusahaan atau organisasi lainnya juga harus berkaca pada logika konsumen. Sehingga, segala keluhan konsumen dapat diatasai dengan baik. Kerana penanganan keluhan yang baik mampu mengubah seorang pelanggan yang tidak puas tentunya menjadi berbalik puas.

Nah, demi memenuhi tujuan ini sebuah perusahaan harus didukung dengan SDM yang profesional. Sementara SDM yang profesional ini dapat diperoleh melalui pendidikan serta pelatihan (diklat) yang berkesinambungan. Yakni dengan memberikan pembekalan keterampilan SDM melalui pendidikan serta pelatihan, yang merupakan bagian dari pembekalan keterampilan. Tuntutan profesional ini tidak hanya menyangkut masalah fisik saja, tetapi juga menyangkut keterampilan sikap, prilaku dan motivasi.

Ya, untuk menjadikan SDM profesional memang tidak cukup hanya dengan memiliki keterampilan dan penguasaan tugas saja. Tetapi juga, harus memiliki sikap dan prilaku yang mendukung serta motivasi yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaan. Sementara itu, kunci keberhasilan pengembangan pembelajaran seprti ini memang sebuah tanggung jawab atasan demi mengembangkan bawahannya kearah pengembangaan kemampuan profesional.

BERITA TERKAIT

Dunia Usaha - Lindungi Produsen dan Konsumen, Diterbitkan SNI Wajib Pelumas

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI)…

Jabar Pusat Harkonas untuk Berdayakan Konsumen Indonesia

Jabar Pusat Harkonas untuk Berdayakan Konsumen Indonesia NERACA Depok - Kementerian Perdagangan RI menetapkan Provinsi Jawa Barat menjadi pusat kegiatan…

PENGEMBANGAN BNI CORPORATE UNIVERSITY

Direktur Kepatuhan BNI Endang Hidayatullah (kanan) berbincang dengan Pemimpin Divisi BNI Corporate University Wicaksono Sarwo Edi (kiri) dalam BNI Media…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…