Konsumen, Faktor Utama Pengembangan Bisnis

Pada hakeketnya, konsumen yang menghidupi perusahaan, karena konsumen membayar manfaat dari barang atau jasa yang ditawarkan karyawan sehingga perusahaan mampu membayar gaji untuk seluruh karyawannya. Ya, produsen harus mampu memahami dan memnuhi kebutuhan konsumennya. Sedang konsumen merasa puas dengan kinerja dan layanan yang diberikan karyawan sebuag perusahaan.

Oleh karena itu, memahami karakteristik konsumen merupakan hal yang sangat mendasar. Maka, pola pikir yang diterapkan perusahaan atau organisasi lainnya juga harus berkaca pada logika konsumen. Sehingga, segala keluhan konsumen dapat diatasai dengan baik. Kerana penanganan keluhan yang baik mampu mengubah seorang pelanggan yang tidak puas tentunya menjadi berbalik puas.

Nah, demi memenuhi tujuan ini sebuah perusahaan harus didukung dengan SDM yang profesional. Sementara SDM yang profesional ini dapat diperoleh melalui pendidikan serta pelatihan (diklat) yang berkesinambungan. Yakni dengan memberikan pembekalan keterampilan SDM melalui pendidikan serta pelatihan, yang merupakan bagian dari pembekalan keterampilan. Tuntutan profesional ini tidak hanya menyangkut masalah fisik saja, tetapi juga menyangkut keterampilan sikap, prilaku dan motivasi.

Ya, untuk menjadikan SDM profesional memang tidak cukup hanya dengan memiliki keterampilan dan penguasaan tugas saja. Tetapi juga, harus memiliki sikap dan prilaku yang mendukung serta motivasi yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaan. Sementara itu, kunci keberhasilan pengembangan pembelajaran seprti ini memang sebuah tanggung jawab atasan demi mengembangkan bawahannya kearah pengembangaan kemampuan profesional.

BERITA TERKAIT

Kejar Pertumbuhan Penjualan 20% - Lorena Mengandalkan Bisnis Angkutan Udara

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan penjualan atau sales naik sebesar 15% - 20% sepanjang 2019,  PT Eka Sari Lorena Transport…

Faktor Ekonomi Masih Jadi Penarik Utama Korban TPPO

Faktor Ekonomi Masih Jadi Penarik Utama Korban TPPO NERACA Jakarta - Faktor ekonomi masih menjadi penyebab utama banyak orang terjebak…

Pacu Pertumbuhan Bisnis - Sentral Mitra Informatika Bidik Pasar Hotel di Bali

NERACA Jakarta – Genjot pertumbuhan penjualan, PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK) membidik pasar perhotelan di Bali dengan menawarkan manager…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Waralaba Diklaim Gerbang Generasi Muda Mulai Usaha

Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan, sekarang ini banyak anak muda yang ingin mandari secara ekonomi. Salah…

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…