Sirop Tjampolay Jadi Produk Unggulan Cirebon

NERACA

Cirebon – Derasnya produk sirop ber merk yang sudah go internasonal, ternyata tidak menyurutkan eksistensi produk sirop ber merk Tjampolay. Produk sirop asli Cirebon ini, telah ada sejak tahun 1936, tepatnya tanggal 11 Juli. Pada awal didirikan perusahaan ini, tidak banyak tenaga kerja yang dilibatkan, karena merupakan usaha home industry. Kabarnya, semua pegawai hanya dari kalangan keluarga Suryawikarta, yang juga pendiri sirop Tjampolay.

Dari referensi yang Harian Ekonomi Neraca peroleh menyebutkan, awal perusahaan ini didirikan yaitu di daerah Plered Kabupaten Cirebon. Produk sirop yang dihasilkanpun masih sangat terbatas, baik dari jenis rasa dan aroma sirop. Selama 34 tahun, usaha tersebut terus berjalan tanpa ada perkembangan yang berarti. Baru pada tahun 1970, usaha tersebut dipindahkan ke Kota Cirebon, dengan merk yang masih sama.

Bertahannya merk sirop Tjampolay, tidak terlepas dari sudah di daftarkannya merk tersebutpada departemen Kehakiman. Kabarnya, nama Tjampolay dipilih, karena terinspirasi dari nama buah semacam buah pir, dari negeri Tiongkok. Diyakini, buah Tjampolay ini akan membawa keberuntungan dalam kehidupan.

Melalui keuletan dan dan ketekunan, perusahaan ini mulai berkembang dan dapat memproduksi 4 jenis rasa. Kapasitas produksinya pun mencapai 100.000/botol /tahun, dengan harga Rp. 3.000/botolnya. Setiap tahun usaha ini semakin berkembang, hingga pada tahun 2002 hingga sekarang, kapasitas produksinya mencapai kurang lebih 350.000 botol setiap tahunnya.

Hingga saat ini, produksi sirop Tjampolay sanggup menghasilkan 9 rasa, yaitu rasa pisang, susu, moka, jeruk nipis, mangga gedong gincu, leci, melon, nanas, rosen serta rasa asam jeruk. Meningkatnya kapasitas produksi, menjadikan harga sirop Tjampolay ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp. 14.000,-/botolnya. Sedang untuk wilayah pemasaran, sirop Tjampolay mampu menembus pasar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta, dengan sistem pemasaran single distributor.

Saat bulan puasa ini, pemasaran sirop Tjampolay semakin laris manis. Penjualan pada minimarket maupun supermarket yang ada di Cirebon, selalu laris manis. Malahan, bila menjelang buka puasa, banyak konsumen yang kecewa dengan kurangnya stok sirop Tjampolay ini. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat, baik Kota maupun Kabupaten Cirebon, sudah ketagihan dengan rasa dan aroma sirop ini.

“Rasanya khas, dan susah digambarkan dengan kata-kata. Saya sudah lebih dari 30 tahun mengkonsumsi sirop ini. Apalagi saat bulan puasa, kita selalu membeli sirop ini. Kecewanya kalau menjelang buka puasa, siropnya habis,” kaya Yuni, salah satu pembeli yang ditemui Neraca di sebut super market.

BERITA TERKAIT

PP Properti Hadirkan Produk Pro Milenial

PP Properti Hadirkan Produk Pro Milenial NERACA Bekasi - Direktur utama PT PP Properti Tbk Taufik Hidayat mengatakan bahwa pihaknya…

Mencari Pasar Ekspor Baru Produk Sawit

Sepanjang Oktober 2018, volume ekspor minyak sawit Indonesia menunjukkan peningkatan yang menggembirakan, antara lain melalui lonjakan permintaan dari China. Ekspor…

Jabar Tawarkan Proyek Infrastruktur Unggulan di IIW

Jabar Tawarkan Proyek Infrastruktur Unggulan di IIW NERACA Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menawarkan 25 Proyek Infrastuktur di…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Presiden : Keragaman Budaya dan Pancasila Adalah Identitas Bangsa Indonesia

Presiden : Keragaman Budaya dan Pancasila Adalah Identitas Bangsa Indonesia NERACA Jakarta - Presiden Joko Widodo menekankan untuk menjaga budaya…

Catat Kinerja Ciamik, Saham SILO Terus Naik

Catat Kinerja Ciamik, Saham SILO Terus Naik NERACA Jakarta - Pemegang saham PT Siloam International Hospitals, Tbk , dengan kode…

Jamkrindo Syariah Jalin Kerjasama Dengan PT NTB Syariah

Jamkrindo Syariah Jalin Kerjasama Dengan PT NTB Syariah  NERACA Jakarta – PT Penjaminan Jamkrindo Syariah melakukan lima jenis kerjasama dengan…