Cermat Mencari Pengembang

Hunian memang memiliki arti yang luas bagi pemiliknya. Tidak hanya sebagai tempat berlindung saja, lebih dari itu, hunianpun menjadi salah satu cerminan dari kepribadian si pemilik. Sebagian orang pastilah tidak sembarangan saat harus memilih atau membangun hunian. Bahkan tidak sedikit pula yang mengaitkannya dengan peruntungan rezeki, seperti melihat dari sisi fengshuinya dan tidak jarang pula banyak yang melakukan ritual-ritual guna mendapatkan hunian yang tepat.

Banyak sekali yang harus dipertimbangkan saat kita harus mencari atau memilih hunian, dari memilih lokasi, desain sampai kecocokan harga. Tak heran ada beberapa kalangan yang menganggap mencari hunian sama juga dengan memilih jodoh. Memang terlihat cukup rumit, namun tidak banyak juga yang tidak mementingkan semua itu, asal hunian dan harga cocok, hunian pun langsung dibeli.

Developer maupun broker kiri sedang berlomba-lomba untuk menghadirkan hunian yang mungkin terkadang dianggap murah. Dari hunian dalam kompleks, sampai hunian di luar kompleks. Melihat fungsi hunian sebagai tempat berlindung, maka memilih hunian harus dilakukan dengan langkah hati-hati dan bijak. Dalam memilih hunian, faktor terpenting adalah lokasi yang paling pas. Setelah lokasinya cocok, barulah kita menentukan hunian mana yang akan kita pilih. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hunian.

Profil pengembangnya

Bagi konsumen yang membeli dengan fasilitas KPR, berarti harus memberikan komitmen jangka panjang. Ketika kita menyerahkan uang tanda “jadi” dan uang muka, berarti kita percaya bahwa pengembang akan menjaga kepercayaan kita. Agar tak tertipu pengembang, maka carilah pengembang yang bisa dipercaya. Cari informasi apakah pengembang yang bersangkutan dapat tepat waktu dalam membangun dan menyerahkan produknya (hunian) dalam proyek sebelumnya.

Kalau perlu kita mengecek apakah pengembang tersebut mempunyai cacat atau tidak dalam memenuhi janji pada saat serah terima hunian. Hal ini penting mengingat banyaknya pengembang yang melakukan wanprestasi. Dalam beberapa kasus hukum juga terjadi bahwa pengembang tidak kunjung membangun hunian.

Tema dan Masterplan

Lewat simulasi komputer, kita dapat melihat brosur yang disodorkan pengembang dengan visualisasi yang dapat menggambarkan tema dan masterplan pehunianan itu. Keduanya merupakan identitas proyek pehunianan. Kalau tema dan masterplan-nya adalah kota taman, maka di lokasi itu tentunya tidak dibangun kawasan industri. Adanya kawasan industri di dekat lokasi hunian akan menimbulkan kebisingan, tetapi peluang bisnisnya besar kalau harga properti di wilayah tersebut meningkat.

Ketersediaan Air Bersih

Boleh saja rumah yang kita pilih sudah bagus, tapi apakah pasokan airnya tersedia cukup, jadi pastikan bila ketersedian airnya cukup. Lantaran air bersih tetap menjadi masalah klasik bagi banyak kompleks perumahan di sekitar Jakarta. Untuk itu, kita harus menanyakan kepada pengembang, bagaimana pasokan air bersih di lokasi perumahan miliknya, apakah menggunakan air sumur atau air dari PDAM. Kemudian, jangan lupa tanyakan juga kepada tetangga sebelah, bagaimana kualitas air minumnya.

Kelengkapan fasilitas

Pada umumnya rumah di kompleks perumahan ditawarkan bersamaan dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial, seperti kolam renang, penampungan air, jaringan listrik, telepon, alat pemadam kebakaran, pengelolaan air limbah (treatment plan), sarana ibadah, dan tempat kesehatan. Fasilitas itu memenuhi kebutuhan konsumen akan fungsi rumah dan juga gaya hidup.

Pemilihan yang seksama tentang tingkat ketersediaan fasilitas akan memberikan peluang lebih besar untuk memperolehcapital gain.Umumnya, pengembang menghindari pembangunan fasilitas lengkap sejak awal karena berpotensi merugikan pengembang dengan mengeluarkan biaya tinggi di awal, dan kalau ada resesi biaya tersebut tidak kembali. Fasilitas yang lengkap sejak awal membuat pembeli membayar lebih besar.

Harga Terjangkau

Kelebihan lain adalah harga yang terjangkau. Harga jual proyek baru bisa saja lebih rendah dari pada rumah yang dijual kembali, dan ini berarti kita mendapatkan fasilitas yang benar-benar baru untuk harga yang lebih baik. kita juga tidak perlu lagi merenovasi tempat itu. Properti bisa dijadikan investasi jangka panjang yang berharga. Pada lingkungan yang tepat, nilai investasi akan berkembang pesat. Bahkan, ada orang yang menjual unit sebelum pembangunan apartemen tersebut selesai.

Related posts