Volkswagen Luncurkan Golf GTi dan GTS

NERACA

Meski pasar mobil nasional diramaikan dengan model LCGC atau mobil murah, tidak mengurungkan niat Volkswagen Indonesia (VI) untuk konsisten menyodorkan modelnya buat konsumen setia di Tanah Air. Malah, mereka meluncurkan dua tipe baru sekaligus.

Kedua model tersebut VW Golf GTi generasi ke-7 dan anggota termuda dari keluarga VW Scirocco, yakni GTS. Dengan perubahan tampilan pada eksterior, interior, dan mesin, jelas konsumen yang disasar penyuka kecepatan.

"Pada Golf GTi yang diproduksi sejak 1974 telah sukses membuktikan menjadi sebuah mobil yang berpengaruh dalam industri otomotif dunia saat ini. Karena, ketika diluncurkan pertama kali saat itu, hatchback ini tercatat pertama dengan penggerak roda depan," jelas Andrew Nasuri, CEO Volkswagen Indonesia.

Hadirnya kedua model ini, tambah Andrew diharapkan menjadi lokomotif untuk brand awareness VW di Indonesia karena telah menjadi sebuah ikon Volkswagen.

Sebagai catatan, Scirocco GTS memiliki desain dengan menabrak pakem yang ada untuk sebuah sport car atau compact car. Sangat cocok sekali untuk kaum yang berjiwa muda dengan tampilan dua pintunya.

"Sedang untuk Golf GTI dengan empat pintunya sangat cocok sekali untuk eksekutif muda yang menginginkan mobil dengan perfoma yang tinggi namun memiliki standar kemanan Euro-NCAP Bintang Lima," tutur dia.

Meburut dia lagi, Volkswagen Golf GTI generasi ketujuh ini diklaim sebagai mobil terbaik di Genewa Motor Show tahun 2013 tersebut memakai mesin 4 silinder SI 2.000 cc. Mobil ini bukan sekedar mobil, tapi ikon.

Sementara itu,Sales and Product Planner Nur Fadillah menyebutkan bahwa ada beberapa perbedaan mencolok dari GTI MK6 terutama pada platform yang digunakan.

"Untuk GTI Mk7 ini pakai platform MQB atau moduler transfer matic," kata Fadil pada kesempatan yang sama. Karena menggunakan platform MQB, bobot kendaraan GTI Mk7 lebih ringan dibandingkan dengan mobil sebelumnya. Bobotnya turun sekitar 60kg," katanya.

Dengan penurunan bobot tersebut, lanjut Fadil, kemampuan kendaraan semakin menigkat. Kendaraan ini mampu mengeluarkan tenaga 220 Hp pada 4500 rpm dengan torsi maksimal 350 Nm pada 1.500 rpm. Mobil ini bisa berakselerasi 6,5 detik dengan kecepatan puncak 246 km/jam.Kalau yang sebelumnya itu kekuatannya 210 tenaga kuda.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp731 juta dan Indonesia diberi kuota penjualan GTI sebanyak 60 unit tahun ini.

BERITA TERKAIT

Dongkrak Penjualan - Passpod Gandeng Tokopedia dan LOKET

NERACA Jakarta - Perluas penetrasi pasar untuk mengerek pertumbuhan penjualan, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) atau lebih dikenal Passpod…

Isu Hukum dan HAM Jangan Hanya Jadi Dagangan

Oleh: Dyah Dwi Astuti Ada kekhawatiran bahwa debat pertama capres-cawapres tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme akan berlangsung normatif karena…

Tutup Gerai dan PHK Karyawan - Saham Hero Supermarket Menuai Pil Pahit

NERACA Jakarta – Keputusan PT Hero Supermarket Tbk (HERO) melakukan efisiensi dengan menutup sebanyak 26 gerai  dan melakukan pemutusan hubungan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Pasar Otomotif Indonesia Diprediksi Lebih Positif di 2019

NERACA Jakarta – Pengamat otomotif yang juga dosen Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu memprediksi pasar otomotif dalam negeri tahun…

Ford Gandeng Mahasiswa Untuk Riset Teknologi Swakemudi

Ford Motor Company Amerika meneken kesepakatan dengan Michigan State University (MSU) untuk menggelar penelitian bersama terkait teknologi kendaraan masa depan,…

GM Jual 200.000 Kendaraan Listrik di Amerika pada 2018

General Motors (GM) secara total telah menjual 200.000 kendaraan listrik di Amerika Serikat hingga akhir 2018, memicu penghapusan kredit pajak…