Penumpang KA Harus Reservasi Tiket

Kamis, 11/08/2011

NERACA

Bandung – Tidak seperti musim mudik tahun-tahun sebelumnya, mulai musim mudik lebaran tahun 2011, penumpang Kereta Api (KA) ekonomi akan diberlakukan sama dengan penumpang bisnis dan eksekutif. Pemberlakuan itu dalam sistem reservasi atau pemesanan tiket KA.

Menurut Direktur Operasional PT KA Bambang Iriawan, pemberlakuan sistem reservasi tiket KA ekonomi itu semata-mata untuk memberikan kenyamanan pada penumpang KA ekonomi.

“Tahun-tahun sebelumnya kan penumpang KA ekonomi membeli tiket di tempat pada saat keberangkatan. Nah setelah kami evaluasi, ternyata terlalu berjubel pada saat keberangkatan. mulai sekarang kami berlakukan sama dengan penumpang KA eksekutif maupun bisnis, penumpang KA ekonomi harus membeli tiket sebelumnya” ujar Bambang.

Reservasi atau pemesanan tiket penumpang KA ekonomi itu menurut Bambang harus dilakukan 7 hari sebelum keberangkatan. Dan pembukaan layanan reservasi tiket KA ekonomi itu dibuka mulai tanggal 17 Agustus 2011.

“Reservasi tiket itu, diperuntukan untuk tiket tanpa tempat duduk, dan hanya bisa dipesan di kantor Daop yang bersangkutan. Sementara untuk stasion antara, masih diperbolehkan menjual tiket pada hari keberangkatan” kata Bambang.

Bambang menambahkan, PT KA sendiri akan mengoperasikan seluruh rangkaian KA baik reguler maupun tambahan, selama 20 hari, yaitu H-7 atau 23 Agustus sampai dengan 11 September 2011.