Wisata Edukasi Untuk Si Anak - Dari KidZania Hingga Taman Lalu Lintas

Berlibur bersama keluarga memang menjadi suatu hal yang sangatlah menyenangkan, namun bukanlah suatu hal yang mudah untuk menentukan tempat berlibur yang tepat. Memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan, wisata edukasi mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk si buah hati yang masih kecil yang sedang senang-senangnya bermain dan belajar. Berwisata edukasi, si buah hati tidak hanya diajak berwisata senang-senang saja, namun si buah hati pun diajak untuk belajar.

Tempat yang pertama ialah KidZania, yaitu tempat bermain bagi anak-anak yang berada di dalam sebuah gedung. Suasana di dalam seperti sebuah kota yang megah yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti layaknya kota sungguhan. Dilengkapi oleh pepohonan, gedung, teater, salon, stasiun radio, percetakan surat kabar dan kantor redaksi, minimarket, termasuk rumah makan. Jalan raya yang dilengkapi oleh kendaraan seperti bus, taksi melengkapi kota KidZania. Di sini anak-anak dilatih untuk belajar disiplin, bertanggung jawab dan dapat menentukan pilihan yang disukainya.

Anak-anak yang berkunjung di kota tersebut bisa bermain sesuai yang ia sukai. Selain itu, anak-anak juga dilatih untuk mencoba berbagai profesi yang ada. Tidak hanya itu, dari profesi ini jugalah nanti mereka mendapatkan komisi yang bisa dijajankan. Para orang tua tidak perlu khawatir bila anak-anaknya tersesat, karena keamanan di sini sangat terjaga dengan baik. KidZania merupakan pusat rekreasi dengan konsep edutainment yang menarik bagi anak-anak usia 4-16 tahun, termasuk orang tuanya.

Pada lingkungan KidZania, anak-anak mempunyai hak-hak dalam mewujudkan keinginannya. Seperti melakukan sesuatu, bisa mengekspresikan diri sendiri, dan mendapat kebebasan dalam memutuskan keinginan mereka. Berbagai kegiatan semua sudah dipersiapkan dengan fasilitas yang tersedia dan anak-anak tinggal memilih mana yang mereka sukai dan jalani.

Setiap anak yang masuk semuanya menggunakan gelang pengaman yang dilengkapi antenna frekuensi dan chip id, yang hanya dapat dibuka pada saat akan meninggalkan KidZania di bagian meja imigrasi. Dari frekuensi radio ini, pengunjung dapar dideteksi keberadaannya, sehingga orang tua akan mudah mencari anaknya dan pihak keamanan akan segera menemukan keberadaan si anak tersebut. Jadi, orang tua akan merasa aman karena kegiatan anak-anak dapat terpantau.

Tempat wisata edukasi berikutnya adalah Taman Lalu Lintas , sebuah area bermain sambil belajar tentang kedisiplinan lalu lintas di jalan raya yang dikelola oleh Polda Metro Jaya. Saat di pintu masuk, pengunjung pun langsung disuguhkan berbagai rambu jalan di pagar yang mengelilingi taman. Walaupun terkesan kurang terpelihara dengan baik, namun Taman Lalu Lintas ini mempunyai misi penting dalam mengajarkan anak-anak tentang kedisiplinan di jalan raya dengan cara yang menyenangkan.

Tujuannya ialah penanaman disiplin dalam berlalu lintas sejak dini menjadi bekal penting untuk mencetak calon pengguna jalan yang mau mentaati aturan tata tertib berlalu lintas di jalan. Taman Lalu Lintas ini berada di area Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur. Letak Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara ini berada di bagian barat bumi perkemahan. Harga tiket untuk memasuki kawasan Bumi Perkemahan adalah Rp 6.000 per orang.

Taman ini cukup luas, di dalamnya dibangun lintasan-lintasan menyerupai jalan raya, lengkap dengan rambu dan lampu lalu lintas, serta lintasan kereta api mini yang mengelilingi taman. Di dalamnya juga tersedia area bermain. Kita juga bisa duduk-duduk di kursi atau ayunan yang disediakan di setiap sudut taman sambil menikmati makanan dan minuman yang kita bawa dari rumah, atau didapat dari kantin di sana. Disini juga terdapat Fun Car, keliling bersepeda, naik kereta api mini, istana balon bahkan kita juga bisa bermain buku tangkis di sudut-sudut taman.

Anak-anak yang sudah cukup tinggi biasanya memilih untuk menyetir sendiri mengelilingi area Taman Lalu Lintas. Mereka dapat menyusuri jalanan di taman itu dengan riang, berusaha menaati rambu, berhenti ketika lampu lalu lintas menyala merah, lalu kembali menginjak gas saat lampu berubah hijau. Wisata edukasi untuk si anak memang sangat menyenangkan dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi hari libur si anak.

BERITA TERKAIT

Suzuki Belum Berencana Rilis Skutik untuk Kelas Premium

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi kendaraan roda dua menyatakan belum berencana mengeluarkan skuter otomatik (skutik) untuk mengisi segmen premium…

Mengapa Penetapan Capres-Cawapres 2019 dari Kubu Oposisi Seret?

  Oleh: Muhammad AS Hikam, Pengamat Politik dan Dosen di President University                   Sampai tulisan ini diposting, parpol-parpol yang…

NFC Indonesia Buka Peluang Untuk Akuisisi - Kembangkan Ekspansi Bisnis

NERACA Jakarta – Debut perdana di pasar modal, harga saham PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) langsung dibuka menguat 49,73% pada…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Luncurkan Diskon dan Lomba Jelang Asian Games 2018

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asian Games 2018 di lobby utama Gedung…

Menjelajahi Alam Papua Barat

Provinsi Papua Barat menjadi daerah yang memiliki hutan tropis terluas di Indonesia, bahkan diperkirakan menjadi yang terluas di dunia. Belum…

Kota Bunga Tomohon Gelar Festival Seru di Bulan Agustus

Tomohon International Flower Festival (TIFF) kembali digelar di kota Tomohon, Sulawesi Utara, mulai 8-12 Agustus 2018. TIFF 2018 mengangkat tema…