Cerdas Memilih AC untuk Hunian Anda

Iklim tropis di Indonesia memang terkadang menjadikan udara panas, khususnya di kawasan dataran rendah seperti Jakarta. Walaupun hujan turun terkadang tetap saja rasa panas masih terasa. hal ini tentunya akan mendorong orang untuk menggunakan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

Lantas, apakah dengan menggunakan AC masalah akan selesai, nanti dulu kalau pemilihan AC tepat mungkin bukanlah persoalan. Tetapi, kalau salah memilih bisa-bisa akan menyulitkan diri sendiri dengan menggunakan AC.

Untuk itu,ada baiknya Anda perhatikan tips bagaimana memilih AC yang baik.Langkah pertama adalah sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan. Umumnya, kapasitas per meter AC adalah 600 BTU. Dengan kata lain, untuk ruangan 4 x 5 meter yang diperlukan 20 meter dikali 600 btu, maka yang dibutuhkan adalah AC berukuran satu 1/2 PK.

Kemudian, sesuaikan AC dengan fungsi ruangan. Apakah untuk ruang tamu atau untukl kamar tidur. Jika yang diperlukan adalah untuk kamar tidur maka AC dengan kapasitas 1/2 PK sudah cukup mendinginkan ruangan. Tetapi, untuk ruangan yang lebih besar seperti ruang tamu, maka kapasitas AC yang diperlukan pun juga lebih besar, yakni antara 3/4 PK atau 1 PK.

Selain itu, tingkat efisiensi sebuah pendingin ruangan juga harus diperhatikan. Biasanya, pada perangkat AC terdapat energi eficiency ratio (Eer). Nah, untuk urusan yang satu ini Sebaiknya pengguna memilih tingkat EER yang tinggi, karena EER yang tinggi menunjukan daya listrik yang rendah. Sehingga tagihan listrik pun akan dapat dikendalikan.

Related posts