Nuansa Alam Yang Mengagumkan - Taman Nasional Zamrud

Mengunjungi Riau memang belum lengkap bila belum mengunjungi Kawasan Taman Nasional Zamrud. Berlokasi di Desa Zambrud, Kecamatan Siak Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, kawasanTaman Nasional Zambrudmenyuguhkan keindahan yang seakan representasi keelokan batu zamrud yang banyak digemari itu. Danau dan hutan rawanya begitu asri dan alami dengan airnya yang berwarna hitam jernih.

Taman Nasional Zamrud dengan Airnya yang berwarna hitam ini akan menyuguhkan pada kita nuansa alam mengagumkan. Pastikan menyaksikan keindahan air danau ini yang berwarna hijau pekat layaknya zamrud saat sinar Matahari senja terbenam. Taman Nasional Zambrud merupakan sebuah kawasan dimana ada dua danau yang berdampingan yaitu Danau Pulau Besar dan Danau Bawah. Kedua danau ini memiliki air berwarna hitam dan menjadi rumah beragam fauna dan flora langka.

Fauna yang dilindungi di kawasan ini adalah harimau sumatera, harimau dahan, beruang madu, dan napu. Jenis primata yang dilindungi diantaranya adalah monyet ekor panjang, beruk, dan kokah. Ada juga reptil yang dilindungi seperti buaya sinyulong dan buaya muara. Di kawasan ini juga hidup 38 jenis burung dimana 12 diantaranya dilindungi termasuk bangau putih, enggang palung, enggang benguk, enggang dua warna, dan enggang ekor hitam. Ada pula burung Serindit yang menjadi ikon Provinsi Riau.

Di dalam danaunya sendiri hidup 14 jenis ikan dimana 8 di antaranya memiliki nilai ekonomi penting bagi nelayan setempat yaitu sipimping, selais, kayangan, tapah, baung, tomang, balido, gabus, lele, silais, buju, patin, dan gelang. Kawasan Danau zamrud didominasi tumbuhan rawa seperti bengku, rengas dan pisang-pisangan. Ada pula vegetasi langka jenis pinang merah yang berbeda dengan tanaman hias pinang merah lainnya karena warnanya lebih cerah dan tumbuhan tersebut tidak dapat tumbuh di daerah lain.

Kita dapat memanfaatkan jasa pemandu dari warga setempat sekaligus untuk menyewa perahu pompong untuk melintasi dan berkeliling danau. Susurilah Sungai Rawa sepanjang 36 kilometer yang berbelok-belok dan menyempit untuk mengamati kekayaan flora dan fauna taman nasional luar biasa ini. Berbagai keunikan di Taman Nasional Zambrud merupakan objek yang menarik untuk diteliti dari berbagai disiplin ilmu sekaligus dapat digunakan pula sebagai wahana pendidikan.

Keliaran dan kemegahan alam Taman Nasional Zambrud akan menjadi surga bagi kita pecinta wisata alam. Di sini juga tersaji banyak lokasi dan tentunya fauna untuk diabadikan bagi kita yang suka memotret. Saat Matahari terbenam maka itulah waktu dimana hewan-hewan penghuni Taman Nasional Zambrud keluar. Ada burung elang terbang dari pohon ke pohon, sekawanan kera yang bertengger di pohon. Pemandangan di sepanjang Sungai Rawa begitu mengagumkan dikelilingi hutan lebat. Di Sungai Rawa juga akan kita temukan ampang-ampang untuk perangkap ikan di tengah sungai yang dipasang nelayan setempat.

Related posts