Aman dengan Instalasi Listrik yang Benar

Sabtu, 22/02/2014

Zaman dahulu kala mungkin banyak orang yang belum merasakan manfaat listrik bagi hidupnya. Tetapi kini listrik menjadi kebutuhan yang harusdi penuhi setiap orang. Bayangkan saja, apa jadinya jika sebuah hunian tanpa memiliki aliran listrik. Tentu saja jika malam datang hunian itu akan menjadi gelap gulita tanpa adanya penerangan?

Tetapi permasalahannya,banyak orang yang tidak memperhatikan akan instalasi listrik di rumah mereka. Akibatnya, peristiwa kecelakaan kerap terjadi akibat tidak memperhatikan bagaimana membuat instalasi listrikyang baik.

Ya, instalasi listrik dalam suatu rumah adalah bagian terpenting dari sebuah rumah karena dalam sebuah rumah membutuhkan pencahayaan dan kegiatan lain yang membutuhkan energi listrik dalam suatu rumah, dan instalasi listrik dalam suatu rumah memerlukan struktur yang baik, agar tidak terjadi musibah karenanya, lantas bagaimana cara agar memperoleh instalasi listrik yang aman? Berikut caranya.

Yang harus dilakukan, pertama adalah lakukan langkah pencegahan yaitu dengan mengecek kelayakan instalasi listrik yang terinstalasi pada rumah. Terutama pada instalasi listrik yang sudah tua, hal ini dapat kita lakukan dengan pengecekan visual yang dapat kita lakukan sendiri ataupun kita juga dapat meminta bantuan petugas PLN jika kita ragu atau kurang menguasai tentang masalah instalasi listrik.

Kedua, gunakan sambungan T pada alat-alat listriks yang membutuhkan daya yang besar, seperti kulkas, komputer dan alat elektronik lain. Sebaiknya kita sediakan steker dan tempat khusus pada tiap alat diatas agar steker yang digunakan tidak terlalu panas dan mengakibatkannya hangus terbakar.

Ketiga pastikan besar daya yang dibutuhkan alat listrik dirumah tidak melebihi daya maksimal listrik rumah, ini menjaga agar listrik dirumah tidak sering turun akibat kelebihan beban. Karena jika terlalu sering turun, akan membuat alat-alat elektronik cepat rusak.

Terakhir, pastikan semua pengaman listrik berfungsi sebegaiaman seharusnya. Hal ini untuk menjaga agar alat listrik dirumah kita tidak tidak ada kebocoran yang mengakibatkan kita dapat tersetrum saat menggunakannya.