5 Burung Kicau Berharga Premium

Sabtu, 08/02/2014

Bagi penggemar burung kicau mungkin nama-nama burung ini tidaklah asing di telinga mereka, tapi bagi kita yang masih awam dan seorang pemula yang ingin menggeluti bisnis burung kicau mungkin belum tahu jenis burung apakah yang tergolong premium. Ya, tak Cuma mobil yang memilikiharga premium, burung pu demikian, maklum sebagian burung ini sudah sangat sulit dicari sehingga harganya sangat mahal di pasaran.

Sebenarnya ada banyak burung kicau termahal lainnya seperti Tledekan, Paca Warna, Burung Anis Kembang, Pentet, Gelatik, Kolibri Ninja dan lain-lain. Tetapi setidaknya lima burung ini sangat dipaforitkan penghobi buriung di Indonesia.

Pertama ada burung Kenari, jenis burung kicau yang satu ini sangat populer di Indonesia. Burung ini juga dikenal dengan nama Serinus Canaria dan namanya diambil dari habital asalnya, di Kepulauan Canary, burung ini sangat banyak jenisnya dikarenakan kondisi alam yang berbeda dan adanya kawin silang. Harga pasaran burung kenari lokal termasuk relatif mahal.

Kenari lokal betina usia 3 bulan saja bias dihargai Rp250.000 sementara jantan dengan usia 3 bulan dengan harganya lebih mahal lagi Rp300.000. Tetapi, soal harga sebetulnya tergantung dengan kondisi burung dan indah atau nyaringnya kicauan. Yang termahal adalah jenis Yorkshire F2 dan F1 yang harganya bisa mencapai Rp2,5 juta rupiah, untuk jenis lainnya semakin mahal lagi seperti jenis Yorkshire Gacor harganya dapat mencapai Rp8 juta- Rp10 juta.

Kemudian, ada burung Murai. Burung ini dikenal juga dengan nama shamas, Murai mempunyai banyak spesies atau jenis dan makanan utamanya adalah serangga. Biasanya burung ini mulai dapat bertengger mulai usia 1 mingguan dimana dapat menirukan suara burung yang lain. Dikarenakan mempunyai bulu dengan corak warna yang menggagumkan, burung murai sangat mahal harganya. Burung Murai Medan adalah jenis yang termahal di pasaran dengan harga diatas Rp3 juta.

Lantas ada burung Kacer. Burung yang juga dikenal dengan nama Magpie Robin mempunyai kicauan yang aduhai. Karenanya, di Indonesia banyak kontes atau perlombaan yang menampilkan kehebatan burung ini bernanyi.

Burung ini banyak terdapat di Jawa Barat dan Timur. Harganya bervariasi tergantung keindahan bulu dan fisiknya. Harganya sendiri dimulai dari Rp300 ribu sampai Rp700 ribu. Sementara untuk jenis Kacer Jatim, harganya lebih mahal lagi.

Burung Cucak Rowo punya harga jual yang tinggi, burung dengan nama lain Pycnonotus zeylanicus biasanya ditemukan di negara Asia Tenggara khususnya Indonesia dan Malaysia. Habitat aslinya adalah hutan tropis, bakau dan di area pertanian. Hal yang unik dari burung ini adalah bentuk dan warna kuning pucat mahkotanya. Soal kicauan, burung ini sangat khas dan merdu.

Karena itu, selain faktor kicauan, perawatan dan pakan pun mudah dicari, mengenai harganya burung ini kabarnya bisa mencapai Rp 700 ribu untuk jenis Cucak Ijo Sumatera dan sekitar Rp3.000.000 sampai Rp4.000.000 untuk usia 3 bulan.

Terakhir, burung Jalak. Agak mirip dengan beo dan perling, burung ini dikenal karena bentuk tubuh yang gagah, tak hanya itu, kicauan merdu nan nyaring pun mudah melatihnya. Di alam bebas, jenis burung ini dapat ditemukan di lubang pohon di hutan. Soal harga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.